Vaksinasi  Lansia Tahap 1 di Desa Wargaluyu

0
13

Kab. Bandung, SMInews.com | Pemerintah Desa Wargaluyu kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung dan Puskesmas Nambo Banjaran melaksanakan Vaksin sinovac bagi lansia, Rabu, (02/6/2021).

Penjabat Kepala Desa Wargaluyu Olan Muslim Setawerdaya, S.Pd., M.Pd mengungkapkan, pemberian vaksin khusus lanjut usia (lansia) merupakan prioritas, dikarenakan lansia sangat rentang terpapar covid dan merupakan vaksin dosis pertama (tahap 1).

“Ini adalah vaksin COVID-19 dosis pertama khusus   lansia, dikarenakan para Lansia sangat Rentan covid-19, di mana sesuai data dari Dinas Kesehatan, Target sasaran Vaksin Sinovac Biofarma untuk Desa Wargaluyu sebanyak 772 orang,” ujarnya.

“Nah, hari ini yang menerima vaksin lansia 393 orang dari 772 lansia yang datang Gor Desa Wargaluyu,  sedangkan 379 orang lainnya menunggu jadwal berikutnya, pada hari Jum’at (4/6/2021),” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Wargaluyu Ayi Suhendar  mengatakan, pemberian vaksin untuk itu dipusatkan di Gor Desa Wargaluyu, dimulai pukul 08.00 WIB dan dan berakhir sekitar pukul 14.00 WIB

Bidan Desa Wargaluyu, Ratih K.D Budiman Amd.Keb  menegaskan bahwa vaksinasi COVID-19 khusus lansia itu, dikhususkan bagi warga yang berumur 60 tahun ke atas. Selain itu, juga harus sudah memiliki kelayakan atau memenuhi persyaratan untuk divaksin.

Dia mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi pihaknya tetap berpedoman pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan, termasuk dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Kami tidak ingin mengambil risiko yang tidak diharapkan, sehingga dalam melaksanakan vaksinasi lebih-lebih untuk lansia, selain menerapkan prokes COVID-19, penerima vaksin juga diharuskan melalui tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan,” tandasnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan beberapa tahapan yang harus dan atau wajib dilalui penerima vaksin diantaranya pendaftaran (pencatatan), screening (pemeriksaan kesehatan), penyuntikan vaksin, dan observasi.

“Sebelum dilakukan vaksinasi terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatannya, meliputi pemeriksaan suhu tubuh, tensi darah, dan pemeriksaan penyakit dalam lainnya yang memungkinkan tidak dilakukannya pemberian vaksin. Setelah penyuntikan vaksin pun, penerima Vaksin Sinovac harus diobservasi selama 30 menit, untuk memastikan bahwa vaksin yang disuntikkan, tidak memiliki dampak tidak baik terhadap penerimanya,dan setelah diberikan vaksin harus tetap menerapkan protokol kesehatan” pungkasnya.

Kasi Kesra Desa Wargaluyu, Wahyudin mengungkapkan bahwa antusias warga yang lansia untuk divaksin 70 % untuk vaksin tahap 1, dengan kriteria lansia diatas 60 tahun bekerja sama dengan puskesmas nambo Banjaran DTP.

“Kami mengucapkan terimakasih Tim kesehatan puskesmas Nambo. Kami harapkan dengan pemberian vaksin ini masyarakat Desa wargaluyu sehat terhindar dari covid, dan mudah – mudahan covid ini tidak ada. Lansia banyak yang datang untuk di vaksin dikarena sangat perlu adanya vaksin, dan kami menghimbau yang telah di vaksin selalu tetap menerapkan protokol kesehatan” Ungkapnya.

Pewarta : Agus Rahmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here