Strategi Komplementer 7 Metode Pembelajaran Masa Darurat Covid-19

0
34
(Dari kiri) Ketua PGRI Kec. Cisarua Sudaryat S.Pd, Ketua K3S Kec. Cisarua Cecep Hidayat, S.Pd, Bendahara K3S Cisarua Wahyudin, S.Pd.I

Penulis : K3S Cisarua Kabupaten Sumedang, Cecep Hidayat, S.Pd

Kegiatan belajar mengajar (KBM)  di masa pandemi Covid-19, memang sedikit dilematis. Disisi lain setiap peserta didik harus mendapatkan pendidikan yang memadai, akan tetapi kesehatan mereka pun tidak kalah penting dan harus tetap diperhatikan.

Untuk mencegah cluster baru penyebaran covid-19, pemerintah sudah membuat berbagai program dan strategi pembelajaran, agar peserta didik tetap mendapatkan pengajaran dan tidak beresiko terkena covid-19.

Strategi Komplementer 7 metode pembelajaran masa darurat covid 19 tahun pelajaran 2020 – 2021 diantaranya : Pembelajaran virtual, Pembelajaran tematik terintegrasi berbasis proyek, Pembelajaran melalui modul/ LKS, Home visit, Televisi/ radio dan media lainya, Grup media sosial dan Penugasan berkala dan terukur.

Meskipun tidak bisa dibandingkan seperti pembelajaran tatap muka, 7 metode pembelajaran di masa darurat covid-19 ini kalau diterapkan secara maksimal, peserta didik tidak akan ketinggalan dalam hal pembelajaran.

Sebenarnya sistem pelaksanaan pembelajaran di masa covid-19 ini sama saja, cuman yang membedakan adalah teknik pelaksanaannya. Meskipun kebanyakan pembelajaran bersifat virtual akan tetapi para guru tetap bekerja seperti biasa, untuk memberikan pelajaran dan penilaian terhadap haril tugas para peserta didik.

Selain itu, dilakukan home visit oleh para guru untuk memeriksa hasil tugas anak dan mengevaluasi anak yang mengalami kendala atau permasalahan dalam pembelajran. Dalam home visit ini juga tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pembelajaran masa darurat covid-19 ini memang ada sedikit kendala, terutama peserta didik yang baru masuk seperti kelas 1, 2 dan 3 karena belum semua memahami IT. Akan tetapi hal tersebut sudah diantisipasi dengan adanya grup khusus, jadi ketika ada anak yang mengalami kendala, akan dibantu oleh guru dan oleh anggota grup lainya.

Terkait kualitas hasil pembelaran di masa darurat covid-19 ini memang ada sedikit penurunan, karena materi pembelajaran disederhanakan agar tidak membebankan, jadi jangan sampai anak stress. Sekarang yang dikedepankan protokol kesehatan, jadi kompetensi bisa di nomor duakan. Jangan sampai melakukan home visit seperti pembelajaran tatap muka, dan tidak memperhatikan protokol kesehatan.

Strategi Komplementer 7 metode pembelajaran di masa darurat covid-19 ini memang sangat bagus, akan tetapi disesuaikan dengan sarana prasarana setiap sekolah, jadi tidak bisa disamakan yang jelas berkaitan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here