Sosialisasi Lomba Sekolah Sehat Jenjang Sekolah Dasar Tahun 2020

0
56

Garut, SMInews.com Seratus Kepala Sekolah dari 10 Kecamatan di Kabupaten Garut mengikuti acara sosialisasi lomba Sekolah Sehat yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, di Gedung Koperasi Marga Mulia (KMM) jalan Raya Cibatu Limbangan UPT pendidikan Cibatu, Selasa (24/11/20). Program Sekolah Sehat ini digelar melalui Tim Penyuluh Dinas Kesehatan, Nurlela (TP-UKS).

Kasie SD Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Benny mengatakan Seluruh Sekolah di Ruang lingkup pendidikan Garut memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pembinaan Sekolah Sehat. Tidak hanya bagi sekolah-sekolah yang mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) saja. Sosialisasi pun dilakukan untuk memberikan pemahaman TP UKS terkait program pembinaan sekolah sehat.

Hasil dari pembinaan sekolah sehat yang dilakukan TP UKS (Tim Penguluhan Usaha Kesehatan Sekolah) Kabupaten Garut, bisa dipertanggungjawabkan secara baik. Pasalnya, sekolah-sekolah yang dibina mampu menjadi sekolah unggulan dalam mengedepankan standar kesehatan.



“Semua ini atas kerja sama tim yang solid dan lengkap, mulai dari  Dinkes dengan Dinas Pendidikan yang telah melakukan sesuai tugas dan fungsinya demi mewujudkan sekolah sehat. Agar sekolah sehat terwujud, dibutuhkan peran dari seluruh dinas terkait, bukan hanya dinas pendidikan atau dinas kesehatan, tapi semua “ jelasnya.

Sementara itu,  TP UKS Dinas Kesehatan Nurlela mengatakan, dalam pembinaan TP UKS ini peserta harus memahami Trias UKS, yakni pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan, dan lingkungan sehat serta bersih. Dengan Tria UKS ini pihaknya ingin seluruh sekolah di Kabupaten Garut menjadi sekolah yang bersih, aman, nyaman dan ramah anak.

“Tentunya tujuan utamanya ingin siswa peduli terhadap lingkungan, bisa menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga serta memiliki pengetahuan maupun  wawasan terkait kesehatan” pungkasnya.

Pewarta : Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here