Seni Laga Ketangkasan Domba, Motivasi Bagi  Peternak Domba HPDKI

0
13

Kab. Bandung, SMInews.com |Dalam rangka memotivasi meningkatkan potensi para peternak domba khususnya di kab Bandung ,padepokan sadulur dan, himpunan peternak domba kambing indonesia  (HPDKI ) mengelar seni laga ketangkasan domba garut di lapangan padepokan sadulur dikampung pasirsereh  Desa rancakole kec Arjasari,Minggu,10/10/2021.

Cahya panitia ketangkasan domba padepokan sadulur mengatakan gelar seni laga ketangkasan domba ini yang mengikuti seni laga ketangkasan domba hadir dari beberapa padepokan yang ikut tandang  dipadepokan sadulur ini yang ada di wilayah kab bandung.

Seni laga ketangkasan domba garut yang digelar hpdki padepokan sadulur saat ini tidak hanya bagi para pecinta domba garut maupun peternak domba dan tidak hanya  merupakan hiburan saja bagi masyarakat untuk meningkatkanternak domba ,kelas domba,pamor dan harga jual tinggi.tuturnya.

Dengan adanya kegiatan ini merupakan mengali potensi daerah dan  bidang peternakan domba khususnya dikecamatan arjasari umumnya se- kab bandung.

Tambahnya  masyarakat dilingkungan kami  setidaknya dapat menambah pengasilan dengan adanya seni laga ketangkasan di wilayah kami baik masyarakat bisa menambah ekonomi keluarga serta pemberdayaan karangtaruna .ucapnya

Domba dari padepokan balebat diberi julukan  “Jenderal” merupakan domba unggulan.

Dian sudiantara yang merupakan peternak domba garut dari padepokan balebat   mengatakan  padepokan balebat berada diwilayah Desa batukarut kec arjasari setiap ada event maupun seni laga ketangkasan   mementaskan domba hasil ternak dari padepokan balebat yang dijuluki dombanya “Jenderal ” yang merupakan domba unggulannya dikarenakan beberapa kali event atau tandang selalu meraih hasil yang baik.tuturnya

Dian menuturkan juga Untuk seni laga ketangkasan  yang digelar Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI),di pedopokan sadulur, yang mengikuti seni laga ketangakasan tidak hanya dari sekitarb

padepokan arjasari  akan tetapi para peternak domba dari beberapa wilayah di kab bandung ,kami sengaja membawa domba jogoan atau unggulan kami untuk ikut tandang untuk mengikuti event yang akan digelar beberapa minggu lagi.

Dan  untuk mengevalusi atau seleksi domba untuk kegiatan event berikutnya   domba layak atau tidaknya masuk ke event yang akan digelar. Dan domba yang tandang  sesuai dengan kelas nya. Dalam satu laga tandang total pukulan domba diberikan sekitar 20 pukulan (ketrekan) oleh juri.

Selain sebagai ajang uji nyali domba,  seni laga ketangkasan  juga sarana menaikan pamor kelas domba tersebut. Ungkapnya.

Pewarta : Agus Rahmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here