Santri Ponpes Assabila Mendapat Ilmu Manembah dari Mbah Iwan

0
11

Semarang, SMInews.com Ratusan Santri di Pondok Pesantren Assabila, mendapatkan ilmu Manembah dari guru besar Manembah asal Kota Banjarnegara, Mbah Iwan, Minggu (11/4/21).

Menurut Pimpinan Pondok Pesantren Assabila Dr. H. Suratno Sukron, M.Pd kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pencerahan kepada generasi muda. Ajaran ini tidak ada penyimpangan dari agama, dan bisa dilihat dari persepsi yang cukup jelas dan komprehensif.

“Ini adalah anugerah terindah yang penuh berkah, karena lahir di dalam situasi yang carut marut di negara kita ini, kita butuh meneguhkan diri, menyakinkan diri kita teguhkan NKRI, semangat untuk menegakkan NKRI dan agama ini sebagai benteng yang paling utama” ucapnya.

Mbah Iwan memproklamirkan ajaran manembah ini di tahun 2003, manembah adalah konsep daftar ulang sebagai hamba dan utusan yang sejati, yaitu ditandai dengan petunjuk untuk habluminanas dan habluminallah.

Menurut Penjelasan Mbah Iwan, manembah adalah yang menyembah dan yang disembah ada sebuah benang merah, yang menyembah mempunyai rasa hormat kepada yang disembah, dalam konteks ini antara umat manusia kepada Tuhan Nya.

“Jadi manembah ini adalah sebagai jembatan, bagaimana kita bercengkrama dengan Sang Ilahi, kalo kita sudah bisa bercengkrama, berarti kita sudah bisa menyatu, sehingga apapun persoalan kita akan tersampaikan ke Sang Ilahi, dan Sang Ilahi pun akan tresno kepada kita, karena benang merah itu” ungkap Mbah Iwan.

Pewarta : Untung T

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here