Program Kerja 100 Hari Kepala Desa Limbangan Timur Heru Gunawan Benahi Keselarasan

0
28

Garut, SMInews.com |Setelah dilantik menjadi Kepala Desa (Kades) Limbangan Timur pada Juli  lalu, Heru Gunawan terus melakukan pembenahan internal di Pemerintahan desa. Terutama untuk perangkat desa (Prades) dan BUMDES Salaras, termasuk aparatur desa dalam pelayanan masyarakat.

Heru Gunawan mengatakan, adanya program 100 hari kerja dirinya itu, bagian dari upaya untuk pembenahan terhadap unsur pelayan masyarakat di desanya. Terlebih, sebelumnya ada banyak lembaga yang kurang dan tidak aktif. Padahal, perannya sangat dinantikan masyarakat.  Selain itu, pembenahan aparatur juga menyasar unsur kepala dusun (Kadus). Dimana, sampai saat ini sekitar 16 Rukun warga diwilayah pemerintahan desa Limbangan timur.

Penataaan pemerintahan Desa dalam menyatukan kesepahaman untuk pelayanan masyarakat di dusun tersebut pihaknya sudah membentuk tim Panitia Seleksi (Pansel) untuk melakukan proses penjaringan dan penyaringan. Untuk memperkuat komitmen Bumdes terhadap para agen yang masih aktif maupun yang baru nantinya.

Pemdes juga memberlakukan penandatanganan fakta integritas dan evaluasi secara berkala. Itu dilakukan untuk memastikan bahwa pemerintah desa menghasilkan PADes hingga benar-benar berbenah untuk mengoptimalkan kinerjanya untuk pelayanan masyarakat. Apalagi dengan kondisi desa yang merupakan salah satu desa yang ditentukan jantung Garut utara dari segi posisi wilayah diantara pusat kota berjati pusat kota kabupaten.

“Kalau diinternal pemerintahan desa, kita sudah lakukan kesepahaman integritas yang mengatur tentang disiplin kerja, untuk ke bersamaan Ketika Bumdes salaras dengan pihak agen -agen dapat bermitra dalam pemberdayaan keuntungan untuk bangkitkan  pengembangan  PADes Limbangan Timur” katanya.

Tidak hanya itu, semua perangkat desa ia tekankan juga agar menguasai dan menggunakan sistem pelayanan dengan menjalankan dengan hati. Harapannya untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang saat ini sebagian besar berbasis pembenahan pemerintahan desa menuju ke salaras itu, saat ini dirinya bakal mengusung arahan kerja dilaksanakan dengan hati,tertuang dalam Peraturan Kepala Desa (PerKades).  Dimana, PerKades itu akan mengatur kewajiban bagi semua perangkat desa harus menguasai pelayanan dengan mengembangkan kinerja serta kemakmuran masyarakat  Di desa Limbangan timur.

“Untuk lembaga seperti BUMDes, LPM, BPD dan lembaga lainnya dalam penyelarasan kebersamaan demi kemajuan serta  lakukan pembenahan. Bumdes serta agen harus ada dalam keselarasan
Agen di Limbangan Timur terdiri tiga, antara lain agen 99, agen warung bereum dan agent bermitra dalam pengaluran BPNT melalui Bank Mandiri. Di  Desa Limbangan timur tersebut mendapatkan Kouta sebanyak 900 KPM” tandasnya.

“Pembenahan regulasi, Untuk itu kades baru meminta agar rekan-rekan perangkat desa dan unsur aparatur desa lainnya tidak main-main dan bisa memahami apa yang menjadi kebijakan. Apalagi semua itu bagian dari program salaras masyarakat Limbangan timur.Termasuk pembenahan aset juga bagian dari pemulihan pelayanan terhadap warga masyarakat”  pungkasnya.

Pewarta : Ayi Ahmad

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here