Prestasi Atlet di Porprov 2022 adalah Investasi Kab. Bandung

0
30

Bandung, SMInews.com | Menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang ke XIV tahun 2022, Komisi Wasit FORKI Kab. Bandung Indra Gunawan, S.Pd berharap ajang Porprov sebagai target dan pembinaan prestasi tertinggi untuk atlet Kab. Bandung.

Indra menyampaikan bahwa atlet yang berprestasi di Porprov layak mendapat penghargaan yang tinggi dan menjadi perhatian penuh Pemerintah Kab. Bandung baik KONI dan Kadispora khususnya.

Guna mendukung hal ini, Indra berharap ada semacam Grand Design Keolahragaan Daerah di Kab. Bandung yang akan menjadi fondasi bagi atlet menuju prestasi Dunia.

“Bagi saya, prestasi atlet Kabupaten Bandung adalah investasi Negara, karena untuk bisa menuju ke arah sana melalui proses yang cukup berat dan Panjang secara berkelanjutan. Oleh karenanya, pemerintah dalam hal ini Kadispora dan KONI harus berkomitmen untuk mendukung atlet Kab. Bandung menuju prestasi Tertinggi dibidang Olahraga” ujarnya.

Indra yang juga merupakan Pengurus Komisi Karate di Bapopsi Kab. Bandung dan merupakan Pengurus Cabor PRUI (Rugby) Sekaligus sebagai Manager Team RUGBY Kab. Bandung untuk PORDA 2022 mendatang, menjelaskan bahwa pihaknya akan selalu memberikan kontribusi positif, kepada pemerintah untuk selalu memberikan perhatian lebih terhadap atlet khususnya yang berprestasi di ajang PORPROV 2022.

Pemerintah bahkan harus bisa memastikan jenjang karier Atlet kedepannya, jangan sampai setelah susah – susah di Bina oleh Kabupaten. Namun karena kurangnya perhatian dan pembinaan yang layak, akhirnya mereka Pergi dibawa oleh Daerah lain, dan ini selalu menjadi PR besar di Kab. Bandung hingga saat ini. Hal ini mengingat pemerintah memiliki andil besar untuk pembinaan prestasi olahraga di Daerahnya sendiri.

“Ukurannya meraih prestasi itu tak mudah. Perunggu atau perak saja sulit, apalagi emas. Jadi sudah sewajarnya apabila Pemerintah, Khususnya KONI disini memberikan perhatian khusus baik terhadap cabor yang ada sehingga pembinaan Atlet menjadi Realistis dan relevansinya jelas” paparnya.

Disinggung mengenai komposisi kepengurusan di tubuh KONI, Indra mengatakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sejauh ini sudah cukup baik dalam menjalankan perannya. Meskipun secara teknis masih harus ada pembenahan, khususnya dari internal kepengurusan jangan sampai hanya dijadikan azas manfaat bagi segelintir orang yang kurang Kompeten dibidang olahraga, KONI harus profesionallah dalam merekrut Pengurusnya, karena KONI merupakan Chef de Mission of Sport Sains  Pemerintah.

“Tapi semuanya kembali lagi Profesionalisme pengurus di tubuh KONI, harus ada review dan seleksi untuk melihat kapasitas calon pengurusnya. Apakah sudah rasional atau belum, dan memenuhi kebutuhan tidak karena bagaimana pun kualitas pembinaan Prestasi Olahraga harus dijaga. Jadi terkait kepengurusan harus ada perubahan semacam reshuffle lah tapi berapa persen jumlahnya harus disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan. Sebab, sampai sekarang sudah ada beberapa bidang yang kosong di kepengurusan KONI itu sendiri. Dan itu biarlah menjadi ranah Internal KONI itu sendiri,” imbuhnya.

“Kita tidak bisa masuk lebih dalam keranah KONI itu sendiri, tetapi sebagai pengurus Cabor yang berada di bawah naungan KONI sendiri, memiliki harapan besar dengan adanya Reshuffle bisa memberikan angin segar kepada Cabor dalam pembinaan Prestasi Atlet, karena sekarang setiap cabor sedang terfokus ke Persiapan BK PORDA. Jadi, berdoa saja yang terbaik sehingga KONI bisa memberikan kado terbaik di tahun pertama masa jabatan Kang Dadang Supriatna selaku Bupati Kab. Bandung, dan ending yang Indah pula dimasa jabatan terakhir kepengurusan KONI yang akan rampung pada 22 Juni 2022 mendatang” Pungkas Indra.

Pewarta : Agus Rahmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here