Peran Aktif Masyarakat dan Pemerintah Desa Klepu dalam Penanganan Covid-19

0
3
Ket : Kades Klepu Joko Purnomo SH sedang dampingi Kapolres Semarang cek data covid-19

Kab Semarang, SMInews.com | KLEPU adalah sebuah desa di Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sebagian besar daerah ini merupakan daerah perindustrian, sehingga apabila dilihat terdapat banyak pabrik yang didirikan di daerah desa tersebut. Terdapat beberapa Dusun yang ada didalamnya, yakni Kemasan, Kaliulo, Bodean, Duwet, Macanmati, dan Krajan

Secara geografis Desa Klepu Luas Wilayah : 66.800 ha, Jumlah Penduduk : 9046 jiwa, Keadaan dan Potensi Sumber Daya Alam. Ditinjau dari aspek tipologi dan keadaan tanah, wilayah Desa Klepu Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang merupakan daerah perkebunan dan industri serta di tinjau dari Sektor perkebunan dan industri merupakan perekonomian yang dominan di Desa Klepu.

Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai buruh industri, petani, wiraswasta dan pertukangan.

Kepala Desa Klepu Djoko Purnomo, S.H. Ketika ditanya mengenai dampak covid-19 yang sudah 2 tahun berjalan, Joko menjelaskan ” Dalam hal Penanganan COVID-19 baik Pemerintah Desa  maupun BPD Klepu dan tokoh masyarakat lainya berperan aktif dalam penanganan Covid terbukti dengan dibentuknya  Satgas Covid-19 yang diketuai oleh masing-masing RW di setiap Dusun.

Kemudian dilanjutkan dengan pembagian tempat cuci tangan dan sabun pada tempat yang sering menjadi titik lalu lalang masyarakat, kemudian tak lupa dengan mengadakan kegiatan menyemprot desinfektan setiap 1 atau 2  minggu sekali.

“Hal ini selalu kami update tiap perkembangan sehari – hari dalam tabel di Kantor Pemdes selalu di laporkan, yang dulunya termasuk zona merah di kecamatan Pringapus sekarang Alhamdulillah sudah berangsur angsur stabil ” tutur Putera asli Klepu.

Ditambahkan pula kesehatan itu harus sama sama di jaga pada diri masing-masing, sebagai kepanjangan tangan dari Pemerintah pusat dan daerah, wajib menghimbau untuk melakukan Protokol kesehatan yang sudah di wajibkan kepada warga.

Pewarta : Ed, IN

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here