Pembelajaran Daring Dengan Whatsapp Grup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

0
61

Wabah Pandemi covid-19 sampai saat ini belum ada tanda tanda berakhir di Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Banjarnegara.Hal ini tentu menimbulkan permasalahan pembelajaran di sekolah terutama Pembelajaran daring yang di lakukan di SMPN 2 Wanayasa kabupaten Banjarnegara yang jaringan internetnya kurang maksimal.Sehingga peserta didik mengalami keterlambatan dalam proses pembelajaran.Di tambah pada kondisi awal hasil belajar yang masih rendah.Maka perlu adanya langkah langkah untuk mengatasi tersebut agar pembelajaran berjalan dengan adapun untuk memudahkan Pembelajaran penulis menggunakan WA grup pada pelajaran PPKn.

Langkah langkah proses pembelajaran daring menggunakan aplikasi WA grup adalah sebagai berikut. siapkan RPP isinya identitas,KI dan KD,Tujuan Pembelajaran,indikator,materi pelajaran, langkah langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan kegiatan inti, evaluasi, dan penutup Pembelajaran. RPP tersebut di buat berdasarkan kurikulum 2013 dalam kondisi khusus. Lembar kerja siswa yang berisi petunjuk kepada siswa untuk mengerjakan tugas dan mengerjakan tugas materi pelajaran. Tugas tiap KD (Kompentensi Dasar) di berikan beberapa pertemuan di sesuaikan banyak sedikitnya materi pelajaran yang ada.

Pelaksanaan Pembelajaran daring ini pada jadwal pelajaran yang di lakukan oleh sekolah. Jadwal pelajaran PPKn ada pada hari Senin pagi tidak boleh di berikan pada hari Rabu siang karena akan tumbukan dengan mata pelajaran yang lain.  Guru juga harus disiplin waktunya jadwal pelajaran PPKn berlangsung guru harus siap memberikan materi pelajaran dari jarak jauh.

Soal untuk melakukan evaluasi menggunakan soal pilihan ganda, menggunakan soal menjodohkan,jawab singkat dan uraian. Soal di buat dengan HOT yang agar berbobot di sesuaikan dengan indikator yang telah di tentukan. Antara soal dan indikator harus sesuai tidak boleh beda antara indikator dan soal yang di buat oleh guru.

Setelah selesai Pembelajaran perlu diadakan refleksi antara guru dan siswa mengenai Pembelajaran yang sudah berlangsung.  Minta masukan dari siswa terhadap pembelajaran yang berikutnya apa yang perlu di perbaiki setelah mengikuti pembelajaran yang sudah selesai ini.  Bersama siswa membuat kesimpulan Pembelajaran yang telah di berikan dan guru menginformasikan materi pelajaran yang berikutnya.

Agar Pembelajaran daring berjalan lancar perlu adanya motivasi kepada siswa salah satu bentuk motivasi itu memberikan kuis berhadiah. siapa Mengerjakan selesai di kirim lebih dahulu dan hasilnya betul semua sebagai juara satu mendapatkan hadiah kuota internet Rp 50.000. Pengumpulan tugas adalah tugas tersebut di foto dan di kirim lewat no WA guru langsung bukan di kirim di WA grup kelas untuk menghindari anak mencontek hasil pekerjaan yang pertama di kirim di grup. Cara pemberian hadiah bergiliran Minggu ke satu kelas VII A,BC. Minggu kedua giliran kelas VIII A,B,C. Minggu ke tiga kelas IX A dan B.

Pada kondisi akhir dengan menggunakan pembelajaran WA grup . Capaian hasil belajar PPKn hasil belajar meningkat dari 60% bisa menjadi 80% dari KKM yang di tetapkan. Guru bisa lega siswa bisa senang dengan pembelajaran daring menggunakan WA grup. Karena efektif untuk pembelajaran daring maka Pembelajaran daring dengan menggunakan WA grup bisa di teruskan selama pada masa pandemi ini. Dari pengalaman tersebut sangat bermanfaat sekali untuk sekolah yang mengalami masalah yang serupa untuk menggunakan pembelajaran WA grup ini.Mudah mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi guru dan para bembaca yang Budiman.

Penulis : Agus Muryanto S.Pd

guru PPKn di SMPN 2 Wanayasa

Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here