Pelatihan Kader Posyandu Desa Lebakwangi

0
2

Kab. Bandung SMInews.com |Kegiatan pelatihan kader posyandu peningkatan kapasitas kader posyandu dalam pelaksanaan konvergensi stunting di Desa lebakwangi di buka kepala Desa Lebakwangi yang di wakili sekretaris Desa Maman   sebagai pemberi materi Narasumber  kasi pemberdayaan kecamatan Arjasari Lulu helmina Tirtadilaga S.T dan dari puskesmas Banjaran Nambo DTP selfi , yang mengikuti kegiatan  pelatihan ,kader posyandu Desa lebakwangi ,kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan,selasa di Gor lebakwangi,23/11/2021.

Kasi pemberdayaan kecamatan Arjasari Lulu Helmina  mengatakan kedepannya kader posyandu merupakan ujung tombak  garda terdepan dan Posyandu memiliki peran yang strategis dalam upaya mewujudkan kesehatan masyarakat dan program nasional .

pelayanan kesehatan untuk masyarakat harus bisa meningkatkan pengetahuan kapasitasnya sebagai kader harus bisa membantu masyarakat karena para  kader posyandu ini juga bukan hanya dibidang kesehatan saja,akan tetapi  disegala bidang baik bidang pendidikan,ekonomi  para kader memberikan arahan ,memberikan fasilitas dan ,edukasi pada masyarakat.

Mudah mudahan kader posyandu dikab bandung lebih pintar pintar disegala bidang dari berbagai ilmu dan pengetahuannya .tuturnya.

Dengan adanya kegiatan ini banyak materi materi harus bisa di aplikasi kan nanti dilapangan jangan sekedar di sini mencatat pulang lupa lagi harus bisa mempraktekkan dilapangan apa apa saja yang disampaikan narasumber .

Diharapkan peningkatan kapasitas para kader itu sendiri karena kader itu yang lebih bersentuhan atau lebih dekat dengan masyarakat sehingga bisa lebih memberdayakan masyarakat dan supaya  lebih bisa meningkatkan indek pembangunan masyarakat ( IPM ) juga dibidang kesehatan,pendidikan dan ekonomi masyarakat.Kader harus bisa edukasi peningkatan ekonomi keluarga .ungkapnya.

Maman selaku pokja Desa lebakwangi menuturkan dalam kegiatan pelatihan kader posyandu selaku pokja Desa diamanatkan petunjuk teknis bantuan keuangan dari propinsi untuk melaksanakan pelatihan kader yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas kader penangganan stunting di Desa lebakwangi.

Kegiatan pelatihan pokja Desa beserta kader posyandu sebanyak 32 orang masing masing 2 orang setiap dari posyandu mengunakan anggaran keuangan propinsi jawa barat anggaran tahun 2021 .ucapnya.

Dengan Narasumber dari kecamatan arjasari kasi pemberdayaan materi yang diberikan tugas fungsi posyandu dan narasumber dari puskesmas banjaran nambo DTP materi yang diberikan tentang kesehatan baik penimbangan bayi,pengukuran,sebagai dasar teknis bagaimana mengetahui tentang stunting untuk bayi dan balita dan penjelasan penjelasan mengenai pola asuh karena stunting tidak hanya diukur dari gizi kesehatan tapi juga pola asuh keluarga .

Melalui Kegiatan Pelatihan ini bermanfaat bagi masyarakat dan dikembangkan di Desa lebakwangi . ungkapnya

Pewarta : Agus Rahmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here