Pasanggiri Jaipongan Kota Cimahi, Sabrina dan Fadhiya Raih Juara Harapan

0
33

Cimahi, SMI.-

Pemerintah Kota Cimahi secara rutin menggelar kegiatan pasanggiri jaipongan. Kegiatan ini digelar untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan lokal yang ada di kota Cimahi.  Salah satunya dengan menggelar pasanggiri jaipongan untuk pelajar sekolah dasar (SD) di Area parkir Ramayana Departemen store Cimahi, Sabtu (10/11/18) lalu.

Gelaran Pasanggiri Jaipongan ini memperebutkan Piala bergilir Walikota Cimahi tingkat Sekolah Dasar. Kegiatan ini diadakan oleh Pokja Jurnalis kota Cimahi (PJKC) yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Dibudparpora Kota Cimahi.

Dalam kegiatan tersebut salah seorang peserta yang selalu menjadi juara dalam setiap perlombaan Pasanggiri Jaipongan, Sabrina Cahya Kirana dan Fadhiya Fairi Queena Aletha siswi SD Negeri Mawar berhasil meraih Juara harapan 1 dan Juara harapan 6 dari 106 peserta dari katagori kelas 4-6 .

Sabrina Cahya Kirana yang membawakan tari ibing Jaipongan yang berjudul Gandrung Bandung memukau Juri dan penonton yang hadir, begitu juga dengan Fadhiya Fairi Queena Aletha yang membawa tari Makalangan mendapat applouse yang luar biasa.

Pasanggiri Jaipongan tingkat Sekolah dasar piala bergilir Walikota season 1 Pokja jurnalis kota Cimahi ini, sebagai wujud kepedulian terhadap seni budaya peninggalan leluhur yang dalam hal ini khususnya tari ibing Jaipongan agar tetap terjaga kelestariannya dan ikut menyokong program Walikota Cimahi, menjadikan Cimahi kota Agamis dan berbudaya.

Juara 1-3 masing-masing kategori mendapatkan Trophy + Piagam dan Uang pembinaan. Sedangkan untuk juara harapan mendapatkan Trophy dan Piagam berkategori. Tidak hanya itu, dari jumlah peserta sebanyak 106 tersebut yang tidak masuk dalam kategori Juara dan juara harapan mendapatkan pula Piagam dan trophy peserta.

Ketua Panitia pasanggiri jaipongan yang juga sebagai Sekjen Pokja Jurnalis kota Cimahi (PJKC) Martin Suryadilaga “Alhamdulillah kami para jurnalis kota Cimahi (PJKC) pada kesempatan ini bisa menggelar kegiatan yang positif untuk berupaya melestarikan tari Jaipong, saat ini perkembangan seni dan budaya harus menghadapi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat. Jangan sampai seni dan budaya terlupakan karena tergerus perkembangan zaman”.

Martin berharap Kegiatan pasanggiri jaipongan ini bisa memacu semangat anak-anak untuk mempelajari dan mempraktekkan seni tari Jaipong. Jumlah peserta yang mengikuti pasanggiri jaipong ini diikuti peserta dari berbagai Sekolah Dasar yang ada di Kota Cimahi. kegiatan ini juga melibatkan tiga orang juri yang memiliki kompetensi dalam bidang penjurian pasanggiri jaipongan selama ini

“Kami inginkan hasil penilaian ini objektif dalam perlombaan ini, sehingga kami libatkan para juri yang berkompeten di bidang pasanggiri jaipongan,” tutur Martin

Pada kesempatan yang sama, Deni Nurjaman.S. Pd.M.Pd Kepala SDN Mawar di ampingi Yeti Roswati dan Winy Agey Mugaryani selaku Komite sekolah mengatakan bahwa dirinya merasa bangga akan prestasi yang diraih oleh anak didiknya, Sabrina Cahya Kirana yang berhasil menjadi juara Harapan 1 dan Fadhiya Fairi Queena Aletha meraih juara harapan 6.

“Tentunya ini prestasi yang luar biasa, walaupun belum masuk katagori juara, tapi itu bukan target kami, yang penting anak tampil maksimal, dan tentunya ini menjadi motivasi bagi adik kelasnya untuk mengikuti keberhasilan kakak kelasnya yang membawa harum SD Mawar tentunya. Kami juga selaku pendidik di sekolah akan terus memupuk dan mendorong peserta didik untuk mengikuti event selanjutnya. Harapan kami agar acara Pasanggiri Jaipongan ini agar terus berlanjut untuk menunjang program pendidikan kesenian daerah, khususnya kesenian Sunda,” pungkas Deni Nurjaman.

Ucapan selamat dan terima kasih dari para guru – gurunya dan teman – teman sekelas kepada Sabrina Cahya Kirana dan Fadhiya Fairi Queena Aletha terus berdatangan. Komite Sekolah dan orang tua siswa SDN Mawar sangat antusias serta mendukung peserta didiknya untuk mengikuti ajang Pasanggiri Jaipongan untuk membawa harum nama sekolahnya. **Lina

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here