Paripurna DPRD Ponorogo : Pengambilan 2 (Dua) Keputusan (Propemperda dan Raperda) APBD T.A 2022

0
1

Ponorogo, SMInews.com | Kabupaten Ponorogo gelar Rapat Paripurna dengan agenda “Pengambilan Keputusan Terhadap Propemperda Tahun 2022 serta Pengambilan Keputusan terhadap Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2022”.

Rapat Paripurna di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Ponorogo Sunarto S.Pd yang di dampingi Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo, Wakil Ketua DPRD Ponorogo serta di ikuti anggota Dewan dan juga OPD dan juga Forkopimda Ponorogo. Kamis(25/11/2021)

Dalam Sambutanya Bupati Ponorogo, yang disampaikan dan di wakuli oleh Wakil Bupati Ponorogo Hj. Lisdyarita, S.H, Bahwa Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Tentang APBD Tahun Anggaran 2022 yang akan disetujui bersama.

“Hal ini dimaksudkan agar dalam penyusunannya maupun materi yang ada di dalamnya betul-betul dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Selanjutnya Rancangan Peraturan Daerah Tentang APBD yang telah disetujui bersama ini akan diajukan kepada Gubernur Jawa Timur untuk dilakukan proses evaluasi. Proses penetapan rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun anggaran 2022 menjadi peraturan daerah.”Papar Wakil Bupati Ponorogo

Program dan kegiatan dalam Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Ponorogo Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 benar-benar program dan kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat Ponorogo baik program-program pelayanan dasar pendidikan, kesehatan, infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi, perdagangan, kepariwisataan, perhubungan, sanitasi dan penyehatan lingkungan permukiman serta program-program lainnya yang mendukung pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Salah satu komitmen pemerintah daerah untuk segera dapat mewujudkan salah satu upaya untuk mendukung program tersebut adalah dengan melakukan pinjaman kepada kementerian keuangan melalui PT. Sarana Multi Infrastruktur (PT. SMI).”pungkasnya

Dalam R-APBD Kabupaten Ponorogo Tahun Anggaran 2022, pendapatan daerah bisa di perkirakan sebesar Rp. 2.295.622.768.408,- dan belanja daerah direncanakan sebesar Rp. 2.500.704.351.924,-, sehingga terjadi defisit anggaran sebesar Rp. 190.300.000.000,- yang seluruhnya dapat ditutup dari pembiayaan daerah.

Dari hasil konsultasi dengan Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, dapat disusun beberapa usulan raperda untuk dimasukkan dalam Propemperda tahun 2022 sebanyak 22 (dua puluh dua) Raperda, yang terdiri dari 17 (tujuh belas) Raperda yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo dan 5 (lima) Raperda prakarsa DPRD Kabupaten Ponorogo.

“Pengajuan usulan raperda dalam propemperda tahun 2022 diantaranya yang pertama adalah untuk penyesuaian produk hukum daerah dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, dukungan kelancaran pelaksanaan investasi dan pembangunan di Kabupaten Ponorogo, mempertimbangkan adanya kebutuhan pengaturan untuk menyikapi dinamika perkembangan kehidupan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Ponorogo.”tutupnya

Pewarta : Gun

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here