Forum Komunikasi BPD Kec. Cimalaka Hadiri Diskusi Perbup Nomor 133 dan Musyawarah Pembentukan Bumdes Mandalaherang

0
41

Sumedang, SMInews.com Forum Komunikasi BPD Kec. Cimalaka Kabupaten Sumedang menghadiri Diskusi Perbup Sumedang Nomor 133 tahun 2020 dan Pembentukan Bumdes Mandalaherang Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang, di gedung serba guna Desa Mandalaherang, Rabu (20/1).

Perbup No 133 Tahun 2020 adalah Peraturan Bupati tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang No. 13 Tahun 2019 tentang Badan Permusyawaratan Desa.

Menurut Ketua BPD Mandalaherang yang juga Ketua Forum Komunikasi BPD Kec. Cimalaka Yus Yudhistira, di Kecamatan Cimalaka sebagian desa sudah melaksanakan Perbup 133 ini, dan ada juga beberapa desa yang mungkin masih sedikit shok dengan adanya perbup 133.

“Desa Mandalaherang masih dalam tahap proses penjajakan perlu adanya sebuah perngaturan – pengatuan ketetapan – ketetapan. Jadi pada intinya kita menghormati, ada produk hukum yang harus kita taati, semuanya juga taat dengan peraturan dan segala sesuatunya” ucapnya

Dia juga menambahkan bahwa seharusnya proses implementasi Perbup 133 itu, sesuai yang diarahkan Januari 2021 harus sudah berlaku, tinggal kesiapan disetiap desa.

“Dari 260 desa itu saya dengar semua itu sudah melaksanakan, bahkan desa – desa dipelosok juga sudah melaksanakan. Saya pikir tidak jadi masalah tinggal nunggu aja implementasi dana desa” tambahnya.

Selain diskusi Perbup 133, Yus Yudhistira juga menghadiri musyawarah pembentukan pengurus Bumdes Mandalaherang, yang dihadiri langsung Kepala Desa Mandalaherang Eded Ruspandi beserta jajaranya, karang taruna, tokoh masyarakat, para kader desa, Ketua RT/RW dan ketua BPD desa se Kec. Cimalaka.

Kepala Desa Mandalaherang Eded Ruspandi optimis dengan adanya Bumdes ini dapat meninkatkan PADes. “Pertama mungkin untuk sembako dulu untuk tahap awal, nantinya masih banyak aset – aset desa yang belum tersentuh dan dimanfaatkan. Mudah – mudahan dengan adanya Bumdes ini aset desa itu dapat dimaksimalkan dan meningkatkan PADes “

Terkait Perbup Sumedang Nomor 133, Eded Ruspandi setuju dengan adanya Perbup tersebut, dan siap melaksanakanya.

Sementara itu, Perwakilan Karang Taruna Desa Mandalaherang Dede mengatakan bahwa Karang Taruna Siap mendukung kepengurusan Bumdes yang baru dilantik untuk kemajuan Desa. Dede berharap dengan adanya Bumdes ini bisa memajukan desa dan masyarakat.

Pewarta : Y. Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here