Komunikasi Dengan Orang Tua/ Wali Peserta Didik, Untuk Peningkatan Hasil Belajar di Masa Pandemi Covid-19

0
39

Permasalahan Sekolah pada masa pandemi covid-19 Tidak bisa memantau langsung proses pembelajaran di hadapan siswa. Tidak bisa memberikan petunjuk di hadapan langsung kepada siswa  Susahnya memberikan penjelasan dari jarak jauh kesulitan materi pelajaran yang di kerjakan siswa.

Hal ini menimbulkan permasalahan dalam komunikasi dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut perlu ada cara dan langkah-langkah yang di lakukan dengan segera. Langkah-langkah tersebut adalah melakukan komunikasi dengan orang tua wali murid untuk membantu proses pembelajaran berlangsung.

Dengan cara kerja sama dengan wali murid atau orang tua siswa sangat penting. Kerjasama dengan orang tua atau wali murid dengan sistem mengoptimalkan komunikasi jarak jauh. Dengan harapan siswa bisa di kendalikan secara efektif untuk mengikuti pembelajaran daring dengan serius.

         Langkah-langkah berkomunikasi dengan orang tua memohon kepada orang tua atau wali murid untuk bersedia berkomunikasi dengan guru saat proses pembelajaran daring berlangsung. Dengan harapan siswa yang dipantau oleh orang tua dan guru secara maksimal siswa  serius belajar dan mengerjakan tugas. Menanyakan kepada orang tua apakah siswa betul-betul mengerjakan tugas tiap hari yang di berikan oleh guru. Bila ada materi pelajaran yang harus di jelaskan bila orang tua mampu menjelaskan untuk ikut menjelaskan.

Komunikasi dengan orang tua siswa atau wali murid di lakukan secara periodik. Komunikasi dengan orang tua wali murid untuk pemantauan siswa di lakukan tiap tiga hari sekali. Setiap satu Minggu sekali komunikasi dengan orang tua siswa untuk mengadakan refleksi selama pembelajaran satu Minggu.

Guru harus bisa menjaga komunikasi dengan orang tua agar efektif. Dengan harapan kefektifan komunikasi bisa memantau siswa saat sedang mengikuti pembelajaran daring. Guru juga harus tahu bagaimana cara komunikasi dengan orang tua yang baik. Mencari waktu untuk berkomunikasi dengan orang tua secara tepat. Demikian artikel ini saya susun mudah mudahan bermanfaat bagi bapak ibu guru di manapun berada yang mengalami kendala yang serupa tentang pembelajaran daring.

Penulis : Agus Muryanto S.Pd

guru PPKn di SMPN 2 Wanayasa

Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here