Kegiatan Tata Ruang Desa

0
7
Kades Wringinputih bersama masyarakat bahu membahu melaksanakan pembangunan fisik

Ungaran, SMInews.com | Dalam rapat koordinasi BPD Dengan Pemerintah Desa Wringinputih, Jum’at (28/5/2021), Kades Untung Pambudi menyinggung tentang tata ruang area kantor desa Wringinputih dengan konsep “Titik kumpul edukasi” dan diamini oleh peserta rapat.

Ketika Kades Wringinputih di temui wartawan SMI di sela sela kegiatan kerja bakti menjelaskan pentingnya Tata Ruang dan Pembangunan Kawasan Pedesaan, dengan berjalannya modernisasi yang menempatkan industri menjadi modal utama dalam pergerakan ekonomi, secara tidak langsung mempengaruhi pembangunan yang ada.

Kota dibangun untuk memenuhi kebutuhan kawasan industri sedangkan desa berfungsi sebagai sumber produk dari industri tersebut. Sekarang, desa pun tak luput dari banyaknya kebijakan ekonomi dan pembangunan menyebabkan penggunaan lahan berubah. Dari yang semula lahan pertanian, dalam waktu kurang dari 10 tahun sudah berubah menjadi lahan yang terbangun.

Berkurangnya lahan pertanian disebabkan karena aksi penguasaan para pengusaha dan pemilik modal selain bertambahnya kebutuhan permukiman juga. Hal tersebut menyebabkan kualitas lingkungan desa kian memburuk, karena semakin kehilangan kualitas sumber air bersih dengan tidak adanya resapan air serta banyaknya polutan yang diakibatkan oleh pabrik yang tidak bertanggungjawab.

“Oleh sebab itu, penataan ruang desa perlu dipertimbangkan dengan baik agar pembangunan di kawasan pedesaan tidak merusak daya dukung lingkungan. Konsep Tata ruang di desa Wringinputih diawali dari area kantor desa tentunya berkelanjutan dengan tata ruang berikutnya, dengan harapan dukungan BPD dan tokoh masyarakat agar pembangunan di desa terkonsep dan terencana sesuai harapan undang undang Dasar ” tutur Untung Pambudi mengakhiri ramah tamahnya bersama SMI.

Pewarta : KS

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here