Kantor Megah dan Pelayanan Prima Desa Cikoneng Kulon

0
16

Sumedang, SMInews.com | Kantor Desa Megah milik Desa Cikoneng Kulon Kecamatan  Ganeas Kabupaten Sumedang membuat orang yang berkunjung takjub dan kagum. Bagaimana tidak, kantor desa yang dibangun dua lantai ini, selain bangunanya megah juga ditopang dengan penataan ruangan dan tempat kerja yang professional ibarat Mall Pelayanan Publik.

Menurut Kepala Desa Cikoneng Kulon Sunjaya S.Pd pembangunan dan Penataan Kantor Desa seperti ini untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman baik untuk pemerintah desa maupun masyarakat yang berkunjung atau membutuhkan pelayanan di desa.

“Sesuai visi dan misi kami untuk menciptakan kenyaman diruang kerja dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, maka kami dengan rekan – rekan berusaha menata semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan, sehingga merasa nyaman di tempat kerja” ungkap Sunjaya.

Di Periode kedua Jabatanya, Sunjaya memiliki visi untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang TEGAR BERIMAN yang artinya, Tertib, Ekonomis, Giat, Akuntable, Religius, Bersih, Efektif, Realistis, Inovatif, Maju, Aman, dan Nyaman.

Dengan misi untuk Meningkatkan tertib penyelenggaraan pemerintahan desa, Menciptakan setiap kegiatan bernilai ekonomis, Meningkatkan kegiatan gotong royong, Mempertanggungjawabkan semua kegiatan, Meningkatkan kesadaran pengamalan ajaranagama di sediap aspek kehidupan, Menciptakan lingkungan yang bersih, Mengupayakan setiap kegiatan agar efektif, Mengupayakan setiap kegiatan agar terealisasikan, Mencipatakaninovasi dalam setiap kegiatan, Menciptakan kemajuan diberbagai bidang, Menciptakankeamanan di berbagai bidang, dan Menciptakan suasana nyaman di pemerintahan dan lingkungan masyarakat.

Semenjak terpilih Menjadi Kepala Desa tahun 2012, Desa Cikoneng Kulon banyak kemajuan di berbagai bidang, baik dalam bidang ekonomia, lapangan kerja, keagamaan, meningkatkatkan etos kinerja aparatur, infrastruktur jalan, irigasi dan lainya.

Sunjaya S,Pd yang juga ketua APDESI Kec. Ganeas juga dipercaya menjadi bendahara APDESI kab. Sumedang  ini  optimis untuk membawa Desa Cikoneng Kulon menjadi lebih maju.

Di tahun ini juga Sunjaya, berencana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan membuat Wisata ekonomi serta wisata rekreasi.

“Kemudian untuk tahun ini kami menganggarkan juga untuk penyertaan modal, yaitu untuk ruangan Bumdes dengan harapan Bumdes dapat berkembang lebih baik lagi, sehingga baik PAD nya maupun kepuasan masyarkaatnya lebih meningkat lagi” tambahnya.

Terkait pengembangan usaha Wisata Ekonomi dan Wisata rekreasi, Sunjaya menjelaskan bahwa dipilihnya sektor tersebut disesuaikan dengan potensi yang ada di desa, yaitu memanfaatkan potensi aliran sungai Cikoneng.

“Kami berharap bisa mengembangkan usaha wisata ekonomi juga wisata rekreasi, yaitu membangun kolam ikan dan kolam renang, sesuai potensi yang ada di kami yaitu aliran sungai cikoneng untuk jalanya sudah dirintis 2 tahun” paparnya.

Pewarta : Y. Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here