Jum’at Pon Sudah Jadi Tradisi Labuh Sarangan Setiap Tahunnya

0
478


Magetan, SMInews.com Acara yang digelar setiap tahun sekali, tepatnya pada hari Jum’at pon di bulan Sya’ban/Ruwah ini menarik antusiasme para pengunjung di Telaga Sarangan. Hal ini terbukti dengan Pengunjung yang datang ingin menyaksikan prosesi adat tersebut dari pinggir Telaga.

Upacara Labuh (Bersih Desa) ini juga bisa menarik wisatawan karena masih kental dengan adat dan budaya Jawa. Upacara Bersih Desa, Untuk memberikan Sesaji ini sangat sakral dan dipercaya oleh warga Kelurahan Sarangan dan sekitarnya sebagai warisan budaya leluhur.

Semua pengikut dan undangan setiap pelaksanaan  Labuh (Bersih Desa) di Telaga Sarangan dilaksanakan berdasarkan adat Jawa dengan memakai pakaian khas orang Jawa atau Kejawen.

Prosesi Labuh sarangan kali ini juga di ikuti dan di saksikan oleh Bupati Magetan Dr.Drs.H. Suprawoto SH.,M.Si serta di dampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan, Joko Trihono.

“Gebyar Labuh Sarangan ini diadakan sebagai tradisi dan wujud rasa terima kasih kepada Tuhan YME atas berkah berupa Telaga Sarangan yang mampu memberi kehidupan warga di sekitarnya.”tutur Bupati Suprawoto, Jum’at (02/04/2021)

Lebih lanjut Bupati berpesan bahwa tradisi seperti ini agar tetap di jaga dan di lestarikan.

“Saya berpesan kepada semuanya agar tradisi seperti ini tetap di jaga dan terus di lestarikan, karena ini juga sebagai sarana wujud syukur kepada Tuhan YME.”tambahnya

Pewarta : Gun

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here