Dishub Magetan : Sistem BLUe Memberikan Pelayanan Efisien Bagi Pemilik Kendaraan dan Penguji

0
321

Magetan, SMInews.com | Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan, saat ini sudah menerapkan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe), hal ini ditujukan untuk semua kendaraan wajib yang melaksanakan pengujian berkala di Bidang Teknik Sarana dan Angkutan Jalan Dishub Magetan.

BLUe menggantikan bukti lulus uji KIR yang dulunya berbentuk buku. BLUe terdiri dari dua sertifikat tanda lulus uji, dua stiker hologram dengan QR Code yang ditempel pada kaca depan kendaraan dan satu Smart Card dengan teknologi NFC.

Data seperti identitas kendaraan, foto fisik kendaraan dari empat sisi, hingga data hasil pengujian berkala disimpan dalam format digital. Data-data tersebut dapat diakses dengan memindai QR Code pada stiker hologram. Bisa juga dengan menempelkan smart card ke smartphone yang sudah memiliki fitur NFC.

Di Dishub Magetan sendiri, Penerapan BLUe ini sudah dirancang dan disosialisasikan mulai tahun 2020 yang lalu, dan hingga saat ini tetap di terapkan karena efisien waktu serta keuntungan tersendiri bagi pemilik kendaraan dan Penguji.

Seperti di katakan Kepala Dishub Magetan Welly Kristanto melalui Bidang Penguji Penyelia Faisal Fahmi, bahwa Dishub Magetan sudah menerapkan BLUe sejak 2020 yang lalu.

“Mulai tahun 2020 yang lalu Dishub Magetan sudah menerapkan sistem BLUe, banyak manfaat dengan sistem ini, baik bagi pemilik kendaraan maupun penguji, seperti halnya memberikan kemudahan dalam penerbitan bukti lulus uji berkala agar cepat, efisien, terintegrasi, dan transparan.”ucap Fahmi kepada Suara Metro Indonesia, Selasa (13/07/2021)

Lebih lanjut dikatakan, dengan adanya inovasi BLUe tersebut, petugas Dishub di lapangan dapat dengan mudah mengetahui pemilik kendaraan hanya dengan melakukan scan barcode pada kartu khusus.

“Inovasi BLUe ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, sistem ini bisa mewujudkan transportasi yang aman, lancar dan khususnya terhindar dari resiko kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh faktor kendaraan.”imbuhnya

Pewarta : Gun

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here