Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) di Kecamatan Arjasari

0
10

Kab. Bandung, SMInews.com Puskesmas Nambo Banjaran DTP serta UPT  Puskesmas Arjasari, menyelenggarakan Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan SBS di Gedung olah raga Desa Lebakwangi, Rabu (14/4/21). Acara ditandai dengan penandatanganan Deklarasi SBS, serta pembacaan Deklarasi kesepakatan SBS.

Deklarasi dihadiri, Kepala Puskesmas Nambo Banjaran dr. Elvin Rosmaida Sibarani, Kepala Puskesma Arjasari Sri Mujiwati, SKM.MM, Muspika Arjasari, Kepala Desa se- Kec. Arjasari, FKBS Kab. Bandung, ketua TP PKK Kec. Arjasari, Kasie Sosbud Kecamatan, PKK Desa Kec. Arjasari, kegiatan Deklarasi tetap menerapkan Protokol kesehatan.

Camat Arjasari Heru Kiatno, S.Pd M.Si mengatakan, program SBS ini merupakan tugas Bersama dan harus ada kesadaran dari semua pihak, terutama dari masyarakat itu sendiri untuk merubah pola hidup bersih.

“Maka kita akan bersama dengan puskesmas untuk memberikan pemahaman dulu bahwa  semacam itu prilaku tidak baik. Insyaalloh di kecamatan arjasari bisa dilaksanakan, akan tetapi yang lebih diutamakan dukungan dan kesadaran  dari masyarakat itu sendiri” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Arjasari Sri Mujiwati, SKM.MM menyampaikan bahwa pihaknya akan mempertahankan yang sudah 100 % untuk tidak membuang air besar sembarangan, dan yang belum harus bisa merubah untuk tidak buang air besar sembarangan. Agar masyarakat pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Dalam proses kegiatannya, akan tetap membutuhkan kerjasama dengan semua pihak di wilayah Desa masing – masing yang ada di kecamatan Arjasari” ucapnya.

Sri Mujiwati juga mengatakan, bagi masyarakat tidak mampu yang belum mempunyai septic tank pihaknya akan bekerja sama, baik dengan masyarakat maupun dengan Desa. “Khusus masyarakat yang tidak mampu, kita akan melakukan swadaya untuk membuatkan septic tank komunal (bersama sama)” ucapnya.

Pewarta : Agus Rahmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here