Budaya Di Era Globalisasi Dengan Mengenal Tosan Aji

0
140

Magetan, SMInews.com |Pengunjung mengamati koleksi keris dan pusaka tradisional saat Pameran Tosan Aji dalam acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Magetan ke-346, Hari Pahlawan, serta Pengukuhan Hari Keris Dunia.

Pameran Tosan aji 2021 ini berlangsung selama 3 hari (25-27) di Gedung Tri Pandita Magetan. Selain itu juga, dalam kegiatan juga diisi edukasi dan lelang pusaka tradisional serta beberapa Kegiatan yang lainya.

Ketua Paguyupan Sejarah Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif (PEKATIK)saat di mintai keterangan di lokasi mengatakan, bahwa Pameran Tosan Aji ini mengambil tema “Budaya di Era Globalisasi”.

“Dengan tema ini, mari kita bersama-sama ikut serta mengembangkan budaya, serta membeeikan edukasi kepada kaum milenial khususnya kaum muda yang ada di magetan dan sekitarnya.” tutur ketua Pekatik yang akrab di sapa Mbah Juno. Kamis (25/11/2021)

“Jumlah Tosan saat ini sudah ada sekitar 170 tosan aji. Tidak ketinggalan juga berbagai kesenian daerah lainnya, seperti: Reog, Klenengan, musik Angklung, serta workshop pembuatan keris secara langsung oleh Empu Mng. Daliman Puspobudoyo (Surakarta) dan Empu Teguh (Magetan).”pungkasnya

“Selain itu juga akan ada hibah dari empu sekar taji dan empu serta kolektor yang lainya, kami berharap kegiatan seperti ini bisa terselenggara setiap tahunya dan mudah-mudahan bisa menjadi ujung tombak dan simbol Kabupaten Magetan terhadap kemakmuran.”tutupnya

Hal senada juga di katakan Bupati Magetan “Suprawoto”, bahwasanya pameran seperti ini bisa di agendakan setiap tahunya.

“Kami berharap juga setiap tahun bisa di agendakan setiap tahun, yang penting kegiatan terakomodir masalah tempat dan waktunya. Karena Tosan aji ini sebagai warisan dari nenek moyang, aneh rasanya kalau kita tidak mengenalnya, ini merupakan transfomormasi nilai-nilai kebaikan yang telah diwariskan kepada kita, sebab keris pada jaman dulu merupakan cikal bakal orang jawa.”pungkasnya

Sebagai informasi, Keberlangsungan Pameran juga dapat disaksikan secara live streaming melalui Saluran Youtube Pekatik Magetan dan Bolo Seni.

Pewarta : Gun

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here