Alasan Kelengkapan Berkas, Sertipikat PTSL Desa Kalimanggis Belum Terealisasi 100 Persen

0
43

Tasikmalaya, SMInews.com| Sehubungan dengan adanya program Pemerintah melalui kementrian ATR/ BPN meluncurkan program prioritas Nasional berupa percepatan Pendaftaran Tanah sistematis Lengkap atau PTSL Secara serentak.

Program ini bertujuan untuk percepatan pemberian perlindungan hukum atas tanah masyarakat secara pasti, sederhana, cepat, lancar, aman, adil, merata, dan terbuka serta akuntabel. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat juga ekonomi negara.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui kementrian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan dan papan program tersebut dituangkan dalam peraturan Mentri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan intruksi presiden No 2 tahun 2018.

Program PTSL di Desa Kalimanggis Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, menurut Yoga salah satu panitia PTSL, pihaknya mendapatkan program ini dari tahun 2020 dan 2021 dengan harapan bisa membantu masyarakat,  tapi sangat disayangkan khusus program PTSL di Desa Kalimanggis tak seindah yang diharapkan. Karena sampai saat ini, sertipikat belum semuanya terealisasi, dari 2.300 bidang, hanya sekitar 1.500 bidang baru terealisasi, dan sisanya  800 bidang lagi belum jadi.

Padahal pihak BPN menjajikan akhir Agustus atau awal September 2021 dipastikan Sertipikat itu jadi semua. Tapi faktanya malah mengembalikan berkas dengan Alasan data tidak lengkap dan harus di revisi lagi.

“Saya mohon kepada pihak terkait khususnya pihak BPN tolong bisa mengerti keadaan dan bisa cepat direalisasikan” ucap Yoga, Senin, (30/8/21).

Yoga juga mengatakan, masyarakat Kalimanggis banyak yang menanyakan tentang Sertipikat “Sekali lagi saya minta tolong kepada pihak BPN agar lebih memperhatikan lagi tentang pembuatan PTSL, khususnya di Desa Kalimanggis Kec. Manonjaya Kab. Tasikmalaya” .

Pewarta : L. Mahesta

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here