Wujudkan Kampung Batik, Pemdes Nyalindung adakan Pelatihan Membatik

0
34

Sumedang, SMI.- Pemerintah Desa Nyalindung Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang melaksanakan kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas TP PKK di gedung serba guna Desa  Nyalindung.

Kegiatan dengan sumber dana dari Alokasi Dana Desa tahun Anggaran 2019 ini, menghadirkan narasumber pakar melukis batik di kain putih dan mendapat antusias dari peserta ibu – ibu PKK Desa Nyalindung.

Menurut Kepala Desa Nyalindung, Budi Yanto, S.Pd pelatihan peningkatan Kapasitas TP PKK dengan pelatihan membatik ini karena kedepanya Desa Nyalindung akan membentuk Kampung Batik.

“Kami mendatangkan narasumber Dra. Eryanti, M.Pd dari Bandung tiada lain untuk memberikan dasar – dasar pengetahuan membatik. Dan Inshaalloh dari dasar kesemangatan ibu – ibunya menjadi bahan dasar meningkatkan perekonomian yang ada di Desa Nyalindung” Ungkap Kepala Desa.

Untuk mewujudkan Kampung Batik tersebut, Budi Yanto mengajak Masyarakat untuk bersama – sama dan bergotong royong. Karena selain pusat pembuatan batik, nantinya kampung batik ini akan menjadi tempat wisata yang menyuguhkan aneka ragam batik.

Rencananya Kampung batik ini akan diposisikan di Dusun 2 tepatnya di RT. 01 RW 03, nantinya akan menjadi wisata Edukasi yang memberikan manfaat kepada masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat. Terkait pemasaran batik hasil produksi Kampung Batik ini, Budi Yanto menjelaskan bahwa akses – akses untuk penjualan sudah ada.

Kepala Desa berharap Pemerintah dan Stakeholder ikut mendukung terwujudnya Kampung Batik di Desa Nyalindung. Karena dengan terwujudnya Kampung batik ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan membawa harum nama Daerah.

Sementara itu, Dra. Eryanti, M.Pd yang melatih ibu – ibu PKK membatik mengatakan bahwa kedatanganya ke Sumedang untuk membantu masyarakat agar mengembangkan daya kreatifitasnya menuju kepada karya. Karena maju mundurnya desa itu tergantung dari Sumber Daya manusianya.

Setelah pelatihan ini, Dra. Eryanti, M.Pd juga akan terus membimbing dan mendampingi para peserta dalam membatik. Selain di Desa Nyalindung, Dra. Eryanti, M.Pd juga sudah memberikan beberapa pelatihan di beberapa disa di Kabupaten Sumedang, Salah satunya Pembuatan Batik Reka Aksara Sunda di Desa Citengah.

“Ahamdulillah Desa Nyalindung Pak Kuwunya Responsif dan semangat banget, Bunda Tolong Segera, disini ada PKK nya yang bisa digerakan, makanya Alhamdulillah saya hadir disini” Pungkasnya.

Pewarta : Y. Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here