Workshop Strategi Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan & Stakeholder’s Day KPPN Sumedang

0
35

Sumedang, SMI.- Upaya untuk terus meningkatkan kualitas dan sinergitas KPPN Sumedang dengan para Stakeholders terus dilakukan, Salah satunya dengan melaksanakan Workshop Strategi Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan tahun 2019 di Gedung KPPN Sumedang, Selasa (23/7/19).

Menurut Kepala KPPN Sumedang Lili Khamiliyah, S.E.,M.Si,  untuk menyusun laporan keuangan yang baik, maka perlu suatu strategi. Jadi bagaimana agar laporan keuangan yang disusun itu menjadi berkualitas, maka perlu diberikan informasi – informasi yang harus dilaksakan oleh kementerian lembaga.

Workshop ini dilaksanakan karena Satker sebagai penerima APBN harus mempertanggungjawabkan APBN yang yang dikelolanya untuk dipertanggungjawabkan dalam laporan keuangan. Dalam menyusun laporan keuangan ada pedoman pedoman yang harus ditaati.

“Hari ini kita melakukan sebuah strategi bagaimana upaya untuk meningkatkan kualitas laporan keungan, itu karena laporan keuangan yang berkualitas nanti muara endingnya pada saat penilaian dari BPK” Ungkapnya.

 

Stakeholder’s day

Selain menggelar Workshop Strategi Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan tahun 2019, pada hari yang sama KPPN Sumedang juga menggelar Stakeholder’s Day. Stakeholder’s Day merupakan salah satu kegiatan Rutin KPPN untuk meningkatkan kedekakan dan sinergitas serta sebagai ajang komunikasi antara KPPN dengan para Stakeholder.

Kegiatan ini khusus untuk kumpul bersama dengan pemangku kepentingan satuan kerja, mitra kerja dan semuanya yang selama ini berkomunikasi dengan KPPN untuk melakukan sebuah kedekatan. Dalam Stakeholder’s day ini ada pohon harapan sebagai tempat para stakeholder menyampaikan harapan – harapan mereka atau menyampaikan apresiasi kepada pihak KPPN.

“Intinya kegiatan ini adalah untuk kebersamaan dengan stakeholder kami, untuk meningkatkan kualitas layanan dan juga sama – sama menginspirasi kepada mereka juga, agar mereka juga sebagai yang diberikan amanah oleh masyarakat bisa memberikan pelayanan yang terbaik” Papar Kepala KPPN Sumedang Lili Khamiliyah, S.E.,M.Si.

Dalam Stakeholder’s day ini juga diberikan penghargaan atau KPPN Award kepada stakeholder yang memiliki kinerja yang baik. KPPN Award diberikan untuk memotivasi kepada semua stakeholder untuk memberikan laporan – laporan yang baik.

Lili Khamiliyah, S.E.,M.Si menjelaskan, KPPN Award terkait dengan ekternal, penghargaan untuk penyusunan laporan keuangan terbaik ada beberapa kriteria penilaian, penilaian dari sisi kecepatan laporanya, ketepatan waktunya, kualitas laporan keuanganya, dan juga ada ketepatan rekonsiliasinya, LPJ nya dan lain sebagainya. Jadi, semua adalah satu kesatuan yang menjadi dasar penilaian dalam laporan keuangan.

Penghargaan yang kedua terkait pelaksanaan anggaran, penilaian dalam penghargaan ini berdasarkan penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dalam aplikasi OM-SPAN, jadi penilainya dibuat otomatis.

“Kalau pelaksanaan anggaran itu kita sudah mempunyai aplikasi OM-SPAN, namanya disitu ada Monev PA monev pelaksanaan anggaran, disitu ada IKPA Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran. Jadi indikator kinerja pelaksanaan anggaran itu sudah dibuatkan aplikasi oleh kantor pusat. Jadi setiap data – data yang diproses oleh kami itu secara itu secara otomatis disana sistemnya itu akan membuat penilaian sendiri jadi kita tidak mengotak – atik”Jelasnya.

Pemberian award ini akan terus dilakukan KPPN Sumedang untuk terus memotivasi instansi lain yang belum mendapatkan penghargaan. Selain itu KPPN juga memberikan penghargaan internal kepda pegawai di KPPN Sumedang.

“Jadi nanti kita akan terus memberikan award ini setiap periode, mudah – mudahan nanti juga bisa mendorong kepada instansi lain yang belum mendapatkan penghargaan tadi. Termasuk juga kepada internal kita juga berikan penghargaan” Pungkasnya.

Pewarta : Y. Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here