Wisata Sejarah dan Budaya di Bali

0
42

Ada banyak keindahan alam di Pulau Dewata Bali yang bisa dijelajahi wisatawan. Mulai dari pantai hingga pegunungan memiliki daya pikat tersendiri. Selain pantai yang sangat populer di kalangan wisatawan, Bali juga memiliki wisata sejarah dan budaya yang dapat di dikunjungi.

Goa Gajah

Goa Gajah diperkirakan dibangun pada abad XI Masehi pada masa pemerintahan dinasti Warmadewa, yang difungsikan sebagai tempat suci bagi pemeluk Budha dan Hindu. Ini menandakan pada masa kerajaan tersebut sudah terjadi akulturasi budaya Hindu dengan Budha.

Ciri khas dari tempat ini adalah sebuah gua yang mana permukaannya gua dihiasi ukiran karang boma. Goa buntu dengan tinggi dan lebar sekitar 2 meter tersebut berbentuk letter T, terdapat ceruk pada dinding gua yang diperkirakan sebagai tempat para Biksu bertapa.

Objek wisata Goa gajah ini menjadi salah satu situs cagar budaya di pulau Bali dan menjadi tujuan tur di kawasan Ubud yang terletak searah perjalanan dengan Kintamani.

Pura Goa Lawah

Budaya Bali yang lebih banyak dipengaruhi oleh budaya Hindu, tentunya akan terdapat banyak tempat suci pura yang bisa dinikmati oleh wisatawan, seperti juga akan keberadaan Pura Goa Lawah, yang mana pura ini sebagai salah satu pura penting di Bali yang digolongkan sebagai Pura Sad Kahyangan atau 6 buah pura yang sebagai penyangga pulau Bali diantaranya pura Lempuyang, Andakasa, Silayukti, Goa Lawah, Uluwatu dan Batukaru.

Pura ini terletak berdekatan dengan pantai sehingga menjadi tempat dan tujuan umat saat prosesi Nyegare Gunung, sehingga tidak mengherankan jika anda tour dan berkunjung ke sini, sewaktu-waktu akan bertemu dengan rombongan umat Hindu melakukan persembahyangan

Demikian sejumlah tempat wisata budaya di Bali dan sejumlah desa dan seni tradisional yang juga menjadi daya tarik wisatawan saat liburan ke pulau bali, untuk detailnya, maka anda bisa klik pada masing-masin tempat tersebut. Dengan adanya informasi tersebut di atas diharapkan anda bisa dengan lebih mudah menyusun acara tour di Bali, bersama Keluarga.

Pewarta : Untung T

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here