Warga Serbu TPU Bergota Semarang: Antusias Perpanjang Pajak Makam Gratis

0
33

SEMARANG, SMI- Warga menyerbu Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bergota Semarang. Mereka berduyun-duyun datang kantor TPU Bergota di Jalan Kiai Saleh No 57 Semarang. Mereka sangat antusias untuk memanfaatkan momen perpanjangan pajak makam secara gratis.

“Sehari bisa melayani pemberian dan pengisian blangko perpanjangan pajak gratis mencapai 200 hingga 300 blangko,” kata Koordinator TPU Bergota Semarang Budi Susilo kepada smol.id Kamis siang (30/1).

Menurutnya, warga mulai ramai mengurus sejak 19 Januari 2020. Hampir seluruh ruang kantor dipakai untuk melayani. Saat ramai semua meja digunakan warga untuk mengisi formulir. Bahkan ada yang ndlosor di lantai mengisi formulir.

“Jadi meskipun resminya jam kerja hanya sampai 15.15, tapi petugas tak tega menolak warga yang datang mengurus pajak makam itu. Terkadang hingga jam 16.00. “Sabtu dan Minggu kami tetap piket untuk melayani warga,” katanya.

Para petugas melayani semua yang datang di kantor TPU Bergota dengan sangat ramah. Mereka menjelaskan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi ketika meminta dan mengisi formulir.

Di antaranya adalah ahli waris harus paham blok makam dan juru kunci, fotocopy KTP, kemudian juga menyiapkan meterai, masing-masing satu meterai untuk formulir satu makam. Karena ada juga yang mengurus makam lebih dari satu, bahkan ada yang puluhan.

Ada dua ibu yang datang ke kantor, saat itu hanya menjelaskan makam keluarganya dekat pohon pete. Maka petugas kemudian dengan sabar menanyakan dengan jelas posisi makam keluarga mereka. “Sebaiknya memang ahli waris mengetahui blok makam. Paling tidak nama juru kunci. Sehingga bisa dicari di daftar kami lokasi blok,” kata Budi.

Dijelaskannya, TPU Bergota dibagi dalam empat wilayah. Yakni Bergota Selatan (masuk blok A dengan beberapa nomor), Bergota Tengah yang di dalamnya adalah blok W dan AA, kemudian wilayah Randusari, dan Randusari Spaen.

Menurut Budi, pada tahun 1990an izin pemakaman berlaku 30 tahun. Kemudian pada tahun 2000 keluar Perda yang mengatur perpanjangan dan pemakaman untuk 5 tahu. Lalu terakhir dengan Perda No 10 Tahun 2009 izin makam berlangsung 3 tahun. “Perwal juga menegaskan retribusi makam ini gratis,” tuturnya.

Hingga hari ini sekitar 4000 blangko sudah masuk di kantor TPU Bergota. Pengurusan perpanjangan pajak makam gratis ini akan dilaksanakan hingga akhir Februari 2020.

Pewarta : Untung Teguh

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here