Walikota dan Kapolres Banjar Bagikan Faceshield ke PKL Di Launching Kawasan Tertib Lalu Lintas dan Protokol Kesehatan

0
5

Banjar, SMInews.com Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih didampingi Kapolres AKBP Melda Yanny, S.IK,MH, dan pasukan polwan menyusuri sepanjang jalan letjen suwarto dan jalan kantor pos sambil berjalan kaki. Keduanya diikuti tim dari Jawa Barat Bergerak (JABER) dan Satpol PP membagi-bagikan APD masker dan faceshield kepada para pedagang kaki lima (PKL).

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah kota Banjar bersama Polres dalam upaya preventif mencegah penyebaran virus covid-19 dimasa pandemi. Keduanya pun tampak kompak memberikan edukasi kepada para pedagang kaki lima di sepanjang area perkotaan untuk mematuhi himbauan 3 M, yakni memakai masker,  mencuci tangan dan menjaga jarak.

Walikota Banjar menyampaikan bahwa langkah tersebut diambil dalam rangka launching kawasan tertib lalu lintas dan disiplin protokol kesehatan.

“Launching ini menjadikan sepanjang jalan letjen Suwarto sebagai kawasan tertib lalu lintas dan disiplin protokol kesehatan. Jadi, masuk kekawasan ini harus disiplin dalam berlalu lintas dan wajib menggunakan masker. Selain itu, para pelaku usaha baik itu toko, swalayan maupun PKL harus memenuhi protokol kesehatan sarana cuci tangan bagi pengunjung dalam menjalankan aktivitas ekonominya” ujarnya.

Tidak hanya pedagang kaki lima, Walikota dan Kapolres juga memberikan edukasi kepada warga lain seperti juru parkir dan warga yang tidak kedapatan memakai masker saat beraktivitas. Beberapa kali Walikota dan Kapolres melakukan penindakan langsung kepada sejumlah warga yang nakal karena melanggar protokol kesehatan.

Hal tersebut dapat terlihat manakala seorang siswa dari SMA 1 melintas tanpa masker ditengah pusat kota Banjar tersebut. Walikota langsung menegur dan memberikan sanksi untuk menghapalkan Pancasila kepada siswa tersebut. Uniknya, karena grogi sang siswa sampai salah membacakan naskah Pancasila di butir pertama yang langsung loncat ke butir ke empat. Beruntung, setelah membacakan dengan benar naskah Pancasila sang siswa langsung dihadiahi masker dan faceshield setelah diedukasi oleh walikota dan Kapolres.

“Masker harus selalu digunakan saat beraktivitas diluar rumah ya, karena pandemi ini belum usai dan kota Banjar saat ini kembali mendapatkan 3 kasus terkomfirmasi positif sehingga kita harus tetap mewaspadai cluster-cluster baru dengan mencegah penyebaran virus covid-19” seru Kapolres.

Pembagian faceshield sendiri menurut Ari Faturohman perwakilan dari Jaber sudah dilakukan sejak hari kemarin.

“Ada 1000 faceshield yang dibagikan sejak kemarin. Sasarannya adalah siswa sekolah yang sedang mengikuti pembelajaran tatap muka dan para pedagang kaki lima” pungkas ari.

Pewarta : Rie/Neng

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here