Wakil Bupati Garut Tinjau Sungai Cimanuk (Cibudug) Bakal Irigasi Suplai Air Pertanian

0
11

Garut, SMI.- Pemerintah Kabupaten Garut memprogramkan penerobosan suplai air untuk lahan pertanian di Empat Desa di Kecamatan Cibatu melalui irigasi Cimanuk Cibudug.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Garut Dr. Helmi Budiman, ketika meninjau lokasi bencana angina putting beliung di Kampung Naska Desa Kertajaya Kecamatan Cibatu bersama Camat Cibatu, Drs. Sardiman Tanjung, serta Kepala Desa Kertajaya Cecep Kurniansyah, Jum’at (17/01/2020) .

Dalam peninjauan di Kampung Kondang sungai Cimanuk (Cibudug), dia mengatakan bahwa rencana irigasi bendungan tersebut, bertujuan untuk mengairi areal persawahan di Desa Kertajaya, Wanakerta, Cibatu, dan Desa Cibunar, di Kecamatan Cibatu, kabupaten Garut.

“Padahal, debit air sungai Cimanuk (Cibudug) ini sangatlah berpotensi besar untuk dapat mengairi Ratusan Hektar  lahan pertanian yang berada di Kecamatan Cibatu, secara menyeluruh” sebutnya.

Selama ini, umumnya para petani di Kecamatan Cibatu di Empat Desa saat musim kemarau mengalami kesulitan besar dalam memperoleh air terutama saat musim tanam. Tapi, air dari Cimanuk (Cibudug) selama kemarau air sungai selalu mengalir dan bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah.  Sehingga dengan sendirinya upaya pencapaian hasil panen untuk kebutuhan pasokan air pertanian maksimal.

“Dengan berfungsinya program penerobosan saluran irigasi dari sungai Cimanuk (Cibudug) Cibatu ini dapat memenuhi kebutuhan air untuk Ratusan hektar lahan  Empat Desa, Kecamatan Cibatu” ungkapnya.

Pewarta : Ayi Ahmad

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here