Wakil Bupati Garut Tebar 206 Ribu Benih Ikan Nila di Situ Sarkanjut

0
33

Garut, SMI.-

Dalam upaya melestarikan biota perairan Situ Sarkanjut (SKJ) dan peningkatan gizi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Garut, melalui Dinas Perikanan (Diskan) bekerjasama dengan para Pelajar dimana UPT Leuwigoong melakukan penebaran 206 ribu benih ikan nila di Situ SKJ Desa Dungusiku  Kecamatan Leuwigoong.
Kegiatan ini dilaksanakan di sela-sela kegiatan Hari jadi kabupaten Garut  ke-206.

Penebaran ribuan benih ikan nila di Situ SKJ Desa Dungusiku Kecamatan Leuwigoong secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Garut, Dr. Helmi Budiman  didampingi oleh Forkopimda  Camat Leuwigoong Tatang, SE,  Kepala Dinas Perikanan  Budidaya Air Tawar Ir. Sofyan Yani, Kepala Desa se Kecamatan Leuwigoong, masyarakat serta para pelajar Dinas pendidikan UPT Kabupaten Garut, Jumat, (15/03/2019).

Kepala Diskan Kabupaten Garut, Ir. Sofyan Yani mengatakan, penebaran benih ikan di perairan Situ SKJ (Sarkanjut) ini merupakan upaya pelestarian biota perairan situ yang bertujuan agar populasi biota air tidak mengalami kekosongan.

“Penebaran benih ikan di perairan Situ SKJ ini bertujuan untuk melestarikan biota air perairan di Desa Dungusiku agar tetap hidup dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, nantinya bisa menjadikan Situ SKJ sebagai salah satu destinasi wisata di Desa Dungusiku kecamatan Leuwigoong Kabupaten Garut” katanya.

Menurut Dr. Helmi Budiman, penebaran benih ikan ini dilakukan untuk melestarikan sumber daya ikan yang ada di SKJ Desa Dungusiku Kecamatan Leuwigoong, Sehingga nantinya diharapkan bisa meningkatkan ekonomi dan gizi masyarakat.

“Ikan-ikan yang ada di Situ SKJ ini boleh ditangkap, untuk memenuhi kebutuhan warga masyarakatnya. Secara otamatis semakin banyak masyarakat yang mengkonsumsi ikan. Dengan demikian peningkatan gizi masyarakat akan terjaga dengan sendirinya,” tegas Dr. Helmi Budiman.

Melalui penebaran benih ikan nila menurut Kepala Desa Dungusiku Yoyoh mengharapkan dapat memperbaiki sumber daya ikan di perairan Situ SKJ di Kabupaten Garut. Serta memicu tumbuhnya kegiatan ekonomi di sekitar Desa Dungusiku. Karena jika ada yang mancing, otomatis akan ada penyedia makanan dan minuman sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Yoyoh juga mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya penebaran benih ikan yang  disaksikan Forkopim kecamatan Leuwigoong serta Ratusan Pelajar yang ikut turun menghadiri acara penebaran benih ikan nila dari Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Garut.

“Penebaran benih ikan dan Gerakan Minum Susu, dilakukan sebagai moment hari jadi  Kabupaten Garut ke 206, kita Wujudkan masyarakat yang Sehat, Cerdas dan sejahtera. Situ SKJ dengan penebaran benih ikan nila dengan memanfaatkan potensi sumber daya air yang sangat diperlukan untuk kebutuhan masyarakat sekitar Desa Dungusiku” imbuhnya.

Menurutnya, penebaran benih ikan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang pemanfaatan sumber daya air yang ada di Desa Dungusiku Kecamatan Leuwigoong agar dapat menambah pendapatan masyarakat dengan penebaran benih ikan nila.

“Selain itu, memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang manfaat konsumsi ikan nila dengan  potensi Situ SKJ sumber daya air yang ada di Desa Dungusiku Kecamatan Leuwigoong,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Camat Leuwigoong Tatang.SE, mengatakan bahwa selain potensi Destinasi wisata Desa Dungusiku memiliki Situ SKJ, penebaran benih ikan Nila ini harus didukung oleh potensi sumber daya manusia. Oleh karena itu, masyarakat harus bisa memanfaatkan potensi tersebut dengan memulai dari dirinya sendiri kemudian membentuk kelompok.

“Melalui penebaran benih ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan sumber daya air untuk budidaya ikan nila sehingga dapat menambah pendapatan keluarga dan memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Selain itu ada semacam perhatian dari pemerintah desa untuk memotivasi dan mengembangkan usaha budidaya perikanan yang ada dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki desanya,” Ungkapnya. **Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here