Wajah Baru Sungai Ciroas

0
21

 Banjar, SMI-

Karang Taruna Lingkungan Tanjungsukur Taruna Darma bersama Komunitas Senja menata dan juga membersihkan Sungai Ciroas yang di kenal kotor. Mirisnya kepedulian tersebut tidak dibarengi kesadaran masyarakat sekitar Sungai Ciroas, dan juga pemerintah setempat. Sehingga para pemuda mau tak mau harus terus berjuang sendiri membersihkan Sungai Ciroas.

Kelompok pemuda Karang Taruna Taruna Darma dan Komunitas Senja mencoba menata sekitar bantaran sungai Ciroas di lingkungan Tanjungsukur RT.4 RW .16, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman dengan menciptakan lingkungan ramah anak.

Anak muda kreatif ini membersihkan dan menghias bantaran dan bangunan yang berada disekitar sungai dengan cat warna – warni dan gambar grafiti yang menarik.

Salah satu penggagas, Johan Wijaya dari komunitas Senja mengungkapkan, Kegiatan mengkampanyekan kebersihan sungai yang sudah dimulai dari tahun 2012 ini, tiada lain hanya ingin Sungai Ciroas terlihat bersih dan memberi manfaat untuk masyarakat.

“Yang jelas Sungai Ciroas kalau kita rawat pasti memberi manfaat buat masyarakat, bukan malah mengotorinya dan itu sedang saya lakukan dari 2012 sampai sekarang” Kata Johan.

Sementara itu, Indra Wahyudi ketua Karang Taruna Lingkungan Tanjungsukur Taruna Darma mengatakan, “Penataan bantaran sungai Ciroas tiada lain ingin lingkungan terlihat tidak kumuh dan ramah anak. Sehingga dia berininisiatif untuk menggambar Grafiti dan juga mewarnai seluruh lingkungan nya dengan cat warna warni”.

Harapan dari Karang Taruna Taruna Darma dan komunitas Senja agar pemerintah serius dalam menagani permasalahan kebersihan sungai, salah satunya sungai Ciroas. Dengan memunculkan perda tentang kebersihan sungai termasuk sanksi buat mereka para pelanggar lingkungan hidup.

“Harapan kami pemerintah serius dalam menangani permasalah kebersihan sungai, salah satunya harus ada Perda. Sehingga sungai sendiri akan memberi manfaat kepada masyarakat” pungkas Indra. **Arie

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here