Video Conference Sosialisasi Redesain Sistem Penganggaran dan Petunjuk Teknis Penyusunan RKA-K/L 2021 (Aplikasi Sakti Web)

0
18

Sumedang, SMInews.com Dalam rangka meningkatkan pemahaman terkait Aplikasi SAKTI Berbasis WEB, untuk penyusunan RKA/KL Tahun 2021 dengan Redesain Sistem Perencanaan Penganggaran yang baru. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sumedang menggelar  Video Conference melalui aplikasi Zoom, Rabu (15/7/20)  pukul 09.00  WIB s.d. selesai di Ruang Rapat KPPN Sumedang Jalan Mayor Abdurahman Nomor 225 Sumedang.

Peserta Video Conference yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Kuasa Pengguna Anggaran, dan operator Anggaran Aplikasi  SAKTI WEB, satuan kerja mitra KPPN Sumedang yang telah mengisi daftar hadir secara daring. Dengan narasumber Chairul Anwar dan Cucu Maemunah.

Dalam video conference tersebut, Chairul Anwar menjelaskan tentang Redesain Sistem Penganggaran Dalam Rangka Penyusunan RKA/KL Tahun 2021 yang meliputi :

  1. Latar belakang redesign sistem penganggaran (RSP)
  2. Hasil Evaluasi Reformasi penganggaran
  3. Manfaat/ tujuan Redesign sistem penganggaran
  4. Dasar/ acuan redesign sistem penganggaran
  5. Prinsip – prinsip redesign sistem penanggaran
  6. Hasil redesign progrram kementerian/ lembaga
  7. Design kegiatan – KRO – RO
  8. Progres penyelesaian RSP
  9. Penyederhanaan redesign turunan program
  10. Perumusan outcome, kegiatan, oeutpun pada kementerian keuangan
  11. Ringkasan eksekutif informasi kinerja (executive summary
  12. Sinkronisasi rumusan KRO RO dengan bidang Dak Fisik

Sedangkan Cucu Maemunah menjelaskan tentang teknis aplikasi yang meliputi Pemutaran Video Tata Cara Penyusunan RKA/KL 2021 pada Aplikasi SAKTI, dan Praktek Aplikasi SAKTI untuk penyusunan RKA/KL dengan user dan password yang telah disediakan oleh Kantor Pusat.

Kepala KPPN Sumedang Lili Khamiliyah, S.E., M.Si

Dalam video conference tersebut juga diadakan sesi tanya jawab, terkait dengan Sistem Penganggaran dan Petunjuk Teknis Penyusunan RKA-K/L 2021 (Aplikasi Sakti Web). Setelah dilakukan Video Conference ini akan dilakukan pendampingan kepada satuan kerja dalam rangka penyusunan RKA/KL untuk 2021.

Usai pelaksanaan video conference tersebut, Kepala KPPN Sumedang Lili Khamiliyah, S.E., M.Si mengatakan “Kegiatan Video Conference alhamdulillah berjalan baik. Satker tidak perlu datang ke KPPN untuk mengikuti kegiatan dengan materi tetap dapat diterima dengan baik. Semoga dengan adanya kegiatan ini, penyusunan RKA/KL Tahun 2021 dengan SAKTI kepada semua satuan kerja dapat berjalan dengan lancar”.

Pewarta : Y. Rusmana

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here