UPTD Objek Wisata Candi Cangkuang Kembangkan Dermaga Rawa Cinta

0
47

Garut, SMInews.com Kepala UPTD Objek wisata Candi Cangkuang Kabupaten Garut, melakukan penataan serta menyiapkan konsep wisata terpadu Dermaga II, yaitu Dermaga Rawa Cinta sebagai bagian dari program revitalisasi  situ Dermaga I  sebelah utara menuju Candi Cangkuang, yang merupakan obyek wisata unggulan di kabupaten Garut.


Situ Objek Dermaga II, merupakan lahan pesawahan milik pemerintahan (Carik desa) yang akan disulap menjadi Dermaga rawa Cinta terpadu di Obyek wisata situ Cangkuang. Dermaga I dan Dermaga II tersebut akan berkolaborasi  dengan sejumlah destinasi yang sudah ada sebelumnya. Seperti Candi Cangkuang, Museum prasati mbah Dalem Arif muhammad, Peninggalan Rumah Adat serta kawasan wisata yang akan direncanakan penataan situ Dermaga rawa Cinta yang diapit oleh pulo ageng dan pulau alit.

Konon katanya, masing-masing pulau memiliki situs Religinya antaranya makam pengawal-pengawal  mbah Dalem Arif Muhammad.



Kepala UPTD objek wisata Candi Cangkuang, Wawan Kulnaedi mengatakan bahwa dari konsep dinas pariwisata inginkan ada penataan situ Dermaga II, di kampung Cariji, dengan mengerjakan fasilitas parkir, serta disediakan Rakit Naga yang akan dikelola oleh warga masyarakat itu.

Ketika koordinasi, kepala UPTD objek wisata kepada Konsultan dengan pengembangan Situ Dermaga Rawa cinta ini, membutuhkan biaya diperkirakan sekitar 40 milyar.

“Keindahan Dermaga Rawa Cinta  memberikan fasilitas yang menjanjikan untuk kepuasan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Juga sebagai pemberdayaan masyarakat di wilayah Kampung Cariji” ucap Wawan Kulnaedi, Minggu (22/11/2020).

Guna mendukung konsep pariwisata terpadu ini, menurut Wawan Kulnaedi dibutuhkan lagi satu dermaga rawa Cinta disekitar situ objek wisata Candi Cangkuang. Nantinya Dermaga Rawa Cinta akan memfasilitasi lahan foto selfie, tempat bermain anak dan keluarga, serta membuka akses alternatif ke pulo gede dan pulo alit.

 Selain dapat melakukan foto selfie dan tempat hiburan, juga mengarah  bisa membuka  makam religi para ponggawa (pengawal) mbah Dalem arif muhamad yang disebut pulo gede serta di pulo alit. Rencana penataan untuk Dermaga Rawa Cinta, Kepala dinas UPTD memiliki konsep untuk pengembangan objek wisata di Desa Cangkuang.

Wawan juga mengatakan, akan menata Dermaga Situ Rawa Cinta. Untuk terwujud Dermaga II, Kepala Dinas parbud Budi Gan gan, serta Kepala UPTD objek wisata Candi Cangkuang bekerjasama akan membangun sebuah Dermaga  Rawa Cinta.

“Kepuasan, Keindahan serta ke Elokkan akan terasa bagi para pengunjung ke Objek wisata situ Candi Cangkuang ini. Kedepannya Dermaga Rawa Cinta dimana pengembangan fasilitas obyek wisata Cangkuang ini sebagai daerah pariwisata yang terkemuka” tambahnya.



Wawan gencar melakukan pembersihan lahan, serta dinas pariwisata membangun Gajebo, Shelter, dan Pergola  sebanyak 21 unit, sebagai tempat fasilitas istirahat para pengunjung.

“Sajian keindahan ditempat permainan ditumbuhi Rumput sintetis. Dalam kegiatan Cipta Karya yang dilakukan penataan kawasan wisata.  UPTD obyek wisata Candi Cangkuang beserta tim selaras melakukan konektivitas bersama Dinas Pariwisata kabupaten Garut, dimana ada beberapa titik disini akan lakukan untuk membuka potensi pengembangan obyek pariwisata.” Ungkapnya 

Pewarta : Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here