UPT Poliklinik Polres Brebes Bisa Menjadi Contoh Polres Lainnya

0
9
Tim Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Poliklinik Polres Brebes Foto : M. Taufik

Brebes, SMI.-Ketua Komisi Perlindungan Nasional Anak Prov Jateng, Dr.H. Endar Susilo, SH., MH. Bersama awak media mengunjungi PPT KSPA Klinik Bhayangkara  yang berada di jalan Bhayangkara  No.2 Komplek Aspol 1 Brebes  Jawa Tengah untuk mengecek kebenaran mengenai informasi Pelayanan Klinik yang bagus khususnya untuk anak – anak, Jumat (20/9/19).

Bertemu langsung dengan dr. Nani Yulia MCH CHT yang merupakan dokter di poliklinik tersebut, Endar Susilo mendapat keterangan secara rinci tentang proses penanganan anak yang tersandung masalah hukum, sekaligus melihat langsung lokasi sampai disetiap sudut ruangan poliklinik tersebut.

dr. Nani menjelaskan, selain klinik kesehatan umum, Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Plokilinik Bhyayangkara Polres Brebes melalui PPT KSPA juga fokus menangani kesehatan, kekerasan terhadap anak, Baik kekerasan biasa maupun kekerasan seksual.

“Kenapa dinamakan PPT, karena di unit kami ini merupakan satu tempat pelayanan terpadu, mulai dari pelayanan dokter anak, ahli psikolog serta penegakan hukum, yaitu oleh Unit PPA Polres Brebes sehingga anak tidak perlu dibawa kemana – mana dalam menangani kasus hukum dan pemulihan kesehatan fisik dan mentalnya,” ujarnya.

Menurut  Nani, setelah dari setelah dari PPT inipun, pihaknya sudah mempunyai Rumah Aman yang siap menampung anak korban kekerasan, sehingga anak betul – betul mendapatkan pemulihan, baik pemulihan fifik maupun psikisnya.

Dr.H.Endar Susilo,SH.MH bersama dr.Nani Yulia di klinik Polres Brebes. Foto: M. Taufik

Sementara itu, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (KNPA) Prov Jateng mengatakan, ”Kami memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sangat besar kepada Polres Brebes yang mempunyai sarana yang lengkap untuk menangani perkara anak,” ucapnya.

Menurutnya, di tempat ini sangat lengkap, pelayanan yang diberikan mulai tempat untuk meminta keterangan kepada anak (ruang Berita Acara Pemeriksaan), ruang bermain dan tempat untuk periksa atau klinik kesehatan yang bernuansa anak dengan dinding bergambar yang menarik buat anak serta banyak terdapat permainan anak, sehingga akan merasa nyaman, lebih nyaman dari rumah sendiri, hal seperti ini wajib ditiru oleh Polres yang lain di seluruh Indonesia.

“Seperti kita ketahui bersama, Polres Brebes selain memiliki banyak mobil ambulance, Polres Brebes bekerja sama dengan Dinas Kesehatan juga memiliki ambulance motor atau sepeda motor yang di desain untuk menjadi ambulance, yang bisa menerobos di tengah kemacetan lalu lintas dan bisa masuk ke gang sempit atau jalan sempit untuk membantu melakukan pertolongan pertama bagi pasien dalam keadaan darurat yangb tidak bisa di jangkau dengan mobil ambulace” Pungkasnya.

Pewarta : M. Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here