UPT Kesehatan Sukahening Waspada Penyakit Difteri

0
63

TASIKMALAYA, (SMI).-

Penyakit Difteri yang banyak meresahkan masyarakat di beberapa daerah  akhir – akhir ini menuntut dinas kesehatan untuk gencar mensosialisasikan kewaspadaan terhadap penyakit yang bisa menyebabkan kematian itu.

Beberapa gejala dan ciri – ciri orang yang terkena Difteri antara lain adanya membran/ radang putih keabuan, Demam tidak terlalu tinggi, tidak bergairah dan sakit menelan seperti di ungkapkan UPT Kesehatan Kecamatan Sukahening Aep Saripudin, SKM.M.Si kepada SMI diacara Sosialisasi “Kewaspadaan Dini Terhadap Penyakit Difteri” Senin (5/2/18) di Aula Desa Sukahening Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

Menurut Aep, di Kecamatan Sukahening tepatnya di Desa Kudadepa ada satu orang yang diduga terkena Suspect Difteri, namun setelah dilakukan pemeriksaan hasilnya Negatif.

“Maka upaya yang harus kita lakukan adalah  mencegah penularan terutama bagi keluarga terdekat /yang melakukan kontak pertama, Upaya preventive dengan penyuluhan dan anjuran Jika ada yang menderita gejala seperti diatas agar segera diperiksa” ungkapnya.

Lanjut Aep, karena Daerah kita bukan termasuk daerah Endemik Upaya yang dilakukan cukup dengan pencegahan tidak ada upaya suntik atau Imunisasi dan menghimbau kepada peserta yang hadir dapat menyebarluaskan hasil Sosialisasi kepada Masyarakat, sehingga masyarakat bisa cepat melapor agar segera diantisipasi serta di tindaklanjuti.

Acara dihadiri hampir 90 peserta  dari Muspika,  berbagai lintas sektor kecamatan  sukahening, Kepala Desa, ketua dan wakil BPD, Ketua PKK, Tokoh MUI, dan Kader Posyandu.   (Anton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here