TPT Jalan Tanjakan Sodikin, Segera Dibangun

0
52

TASIKMALAYA, (SMI).-

Cuaca ekstrim yang melanda sebagian wilayah Indonesia, menyebabkan terjadinya bencana longsor dibeberapa daerah. Salah satunya di jalan kabupaten Tasikmalaya yang menghubungkan  Kecamatan Sukahening  dan Kecamatan Rajapolah, tepatnya di  Kepunduhan Angeukleung Kampung Angeukleung Rt 01/03  Desa Sukahening kecamatan Sukahening  Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Tembok Penahan Tanah (TPT ) terkena longsor dan amblas sekitar lima belas meter.

Ketika dikonfirmasi via telepon seluler, senin (12/2) UPT Pengelolaan Pekerjaan Umum yang menaungi 5 Kecamatan, yakni Kecamatan Cisayong, Sukahening, Sukaratu, Rajapolah, dan Padakembang, Tarsono, S.I.P. menjelaskan longsor yang terjadi empat hari yang lalu, diduga karena curah hujan yang tinggi, dan air hujan terhambat resapannya. Sehingga tanah tidak kuat menahan beban air, terjadilah longsor dan amblas sekitar 15 meter dengan ketinggian diperkirakan 2,5 meter.

“Ketika ada laporan dari Kecamatan, Kami langsung ke TKP melakukan peninjauan dan memasang rambu, karena kalau tidak diberi tanda, bisa membahayakan pengguna jalan” ungkapnya.

Menurut Tarsono Sebelumnya pembangunan TPT Jalan yang terkenal dengan nama tanjakan Sodikin tersebut sudah direncanakan di tahun 2018 akan dibangun. Namun, karena terkena bencana dan Urgent maka akan diutamakan dan dipercepat.

“Kami berharap setelah diperbaiki nanti harus dijaga, jangan sampai ada kendaraan yang melebihi tonase melintas, tolong diperingatkan dan jika ada saluran air yang terhambat mengalir secepatnya diperbaiki mari kita bersama – sama menjaganya” Pungkas Tarsono. (Anton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here