TNI -AL Atapupu bersama DLH belu dan Warga tanam mangrove cegah Abrasi

0
5

Pos TNI AL (Posal) Atapupu bersama  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belu dan  masyarakat  melakukan penanaman mangrove di Pesisir Pantai Dusun Aidila, Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Selasa (25/8/2020,)

Dalam rangka mencegah akan terjadinya Abrasi Pantai Posal Atapupu bersama DLH dan masyarakat melakukan kegiatan penanaman mangrove di sepanjang pesisir pantai di mana Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk keperdulian TNI AL terhadap lingkungan desa binaannya khususnya tempat umum/publik  dalam hal ini adalah desa dan kemanunggalan TNI dalam hal ini Posal Atapupu bersama masyarakat.

Tujuan menanam mangrove sebagai salah satu upaya Pemkab Belu melalui Dinas Lingkungan Hidup dalam melakukan konservasi dan rehabilitasi ekosistem wilayah pesisir dan laut.

Plt Kadis Lingkungan Hidup Belu, Johanes Andes Prihatin mengatakan, DLH  berupaya menjaga konservasi wilayah pesisir dan mencegah abrasi pantai melalui program penanaman mangrove (bakau).

“Kami berupaya merehabilitasi lahan dan pesisir melalui penanaman anakan mangrove di sekitar garis pantai, dengan melibatkan masyarakat setempat dengan tujuan agar menjaga kelestarian ekosistem pesisir dan mencegah abrasi” Ucapnya.

Ditargetkan masyarakat pesisir dapat menjaga kelestarian ekosistem pesisir dan laut yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

“Diharapkan kepada masyarakat setempat untuk  terlibat aktif dalam menjaga ekosistem pesisir yang menjadi tempat hidup dan menjalankan aktivitas kesehariannya sehingga butuh kesadaran semua pihak dalam menjaga dan melestarikannya,” ujar Prihatin.

Sementara Camat Kakuluk Mesak, Amandus Linci dalam kegiatan tersebut ,mengajak semua masyarakat Kakuluk Mesak yang bermukim di wilayah pesisir wajib berperan aktif dalam menjaga kelestarian ekosistem pesisir melalui penanaman mangrove serta menjaga dan memastikan agar bertumbuh dengan baik.

Tanaman mangrove sangat penting di wilayah pesisir untuk mencegah abrasi pantai sehingga masyarakat harus sadar dan wajib menanam, menjaga serta merawat tanaman mangroove demi menjaga ekosistem pesisir.

“Diharapkan masyarakat disekitar pesisir selalu menjaga kelestarian ekosistem pesisir melalui menanam mangroove demi menjaga kelestarian kekayaan biota laut sehingga dapat menjamin kelangsungan hidup generasi mendatang,”Ungkap Camat Amandus

Dalam kesempatan yang sama  Komandan Pos Angkatan Laut Atapupu Letda Arif Lambuto ,SH dalam kesempatan tersebut mengharapkan kegiatan menjaga kelestarian pesisir akan terus berlanjut ke depannya karena sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama mencegah terjadinya abrasi dan kerusakan di wilayah pesisir dan laut.

“Saya mengucapkan terima kasih, karena kegiatan ini sudah membantu tugas kami dari Angkatan Laut. Ke depannya, kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan agar ekosistem laut dapat terjaga,”Ungkap Letda Laut  Arif Lambuto.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Plt. Kadis LH Kab. Belu Bpk. Johanes A. Prihatin, SE, M.si,Danposal Atapupu Letda Laut (S) Arif Lambuto T., SH,Camat Kakuluk Mesak Bpk. Amundus Linci, S.Pt,Staf Kementeran LH Kab. Belu,Staf kantor camat Kakukuk Mesak,Staf desa Dualaus,Staf Kominfo Kabupaten belu,Kelompok Tani Pelangi,Masyarakat sekitar pesisir pantai.

Pewarta : Untung Teguh

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here