Tingkatkan Kompetensi Pegawai, KPPN Sumedang adakan In House Training Service Excellence

0
17

Sumedang, SMI.- Setelah meraih penghargaan terbanyak pada Rakorda Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat di Kuningan, Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara (KPPN) Sumedang terus meningkatkan Kinerja dan pelayanan KPPN.

Untuk meningkatkan kompetensi pegawai, KPPN Menyelenggarakan In House Training service Excellence Pegawai KPPN Sumedang, Rabu (25/9/19). Kegiatan yang diikuti seluruh pegawai KPPN Sumedang ini bertujuan untuk merefresh kembali tata cara memberi pelayanan yang terbaik, baik itu internal maupun external.

Munurut Kepala KPPN Sumedang Lili Khamiliyah, S.E., M.Si., kegiatan In House Training ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan minimal satu kali dalam satu semester, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi para pegawai  dalam hal pelayanan.

Dalam konteks Service Excellence, Lili Khamiliyah menjelaskan “kita berusaha untuk memenuhi harapan para pemangku kepentingan dalam hal ini bisa satuan kerja, bisa para pegawai internal, sesuai dengan harapan mereka. Bahkan melebihi dari harapan, melebihi disini dalam artian yang positif”.

Kepala KPPN Sumedang, Lili Khamiliyah, S.E., M.Si

Lili Khamiliyah juga menyebutkan beberapa penghargaan yang diraih KPPN Sumedang pada Rakorda di Kuningan, diantaranya :

  1. Peringkat Pertama Laporan UAKBUN Kuasa Bendahara Negara.
  2. Peringkat Pertama Laporan Pengelolaan Kinerja (Semester dua 2018, dan semester satu 2019)
  3. Peringkat ke Empat Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran sebagai Satker.
  4. Peringkat ketiga Go Green
  5. Peringkat Ketiga IKPA sebagai Kuasa BUN.

Untuk tingkat nasional, KPPN Sumedang mendapat peringkat pertama terkait dengan akselerasi wilayah bebas korupsi untuk dokumentasinya. Dan untuk di Kementerian Keuangan berada diperingkat ke empat dan ini akan dilakukan on the spot oleh MenPAN-RB.

Dalam menghadapai penilaian oleh MenPAN-RB, KPPN sudah melakukan berbagai persiapan, salah satunya persiapan dari sisi sumber daya manusia. “Karena sumber daya manusia adalah hal yang penting dalam melaksanakan semua kegiatan. Jadi bagaimana meningkatkan kompetensi SDM itu agar mereka bisa memberikan kinerja yang terbaik” Pungkasnya.

Sementara itu, Area Service Officer BSM Rida Mardiana yang menjadi narasumber dalam In House Training memberikan apresiasi kepada Kepala KPPN Sumedang Lili Khamiliyah, S.E., M.Si yang mempunyai semangat tinggi dan memiliki pemahaman terkait pelayanan.

“Alhamdulillah disini ada ibu Lili yang bener – bener sudah memahami hal itu, dan bisa menjadi role model bagi seluruh karyawan di KPPN Sumedang ini” katanya.

Rida juga menjelaskan dalam In House Training ini dirinya hanya sebatas merefresh kembali terkait materi service, tahapan – tahapan service dan bagaimana caranya supaya bisa memberikan service excellence kepada para pelanggan.

Pewarta : Y. Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here