Tingkatkan Hasil Pertanian, DPUPR Kabupaten Magetan Rehabilitasi Saluran Irigasi di Wilayah Ngampru

0
93

Magetan, SMInews.com Melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan upaya perbaikan rehabilitasi saluran irigasi terus diupayakan pembangunannya.

Setelah sebelumnya, DPUPR telah membangun atau melakukan rehabilitasi sebanyak beberapa saluran irigasi yang tersebar di beberapa kecamatan,yang tentunya di Kabupaten Magetan. Pada tahun 2020 ini, DPUPR Kabupaten Magetan kembali fokus melakukan pembangunan dan rehabilitasi irigasi yang ada di beberapa titik lokasi persawahan yang ada di Kabupaten Magetan, yang salah satunya jaringan irigasi di sekitaran Ngampru.

Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Kabupaten Magetan Yuli.K , saat di mintai keterangan di ruang kerjanya, Jum’at (09/10/2020) mengatakan, pembangunan irigasi tersebut juga disertai dengan merekayasa saluran arus air di area persawahan masyarakat yang di sekitaran Ngampru agar terlaksananya rehabilitasi jaringan irigasi bisa semaksimal mungkin.

“Kita untuk pelaksanaan pembangunan irigasi juga disertai dengan merekayasa saluran arus air, yang salah satunya di area persawahan masyarakat yang di sekitaran Ngampru agar terlaksananya rehabilitasi jaringan irigasi bisa maksimal, Beberapa bagian saluran irigasinya sudah jebol lantaran termakan usia. Jadi kita lakukan rehab untuk memaksimalkan sistem pengairan sawah masyarakat, dan ada sebagian dibangunkan yang baru, dan semua itu disesuaikan kebutuhan di lapangan,untuk jaringan saluran irigasi yang di Ngampru ini akan kita realisasikan ke jaringan irigasi untuk 2 wilayah, yaitu Desa Mangunrejo dan desa Selorejo”. terangnya.

“Untuk wilayah pertanian di Desa Mangunrejo ini sekitar 67 hektare, sedangkan di Desa Selorejo ini 84 hektare. Dengan perbaikan saluran irigasi untuk persawahan ini kamipun berharap semoga bisa meningkat kan hasil pertanian bagi para petani, dan tidak ada lagi di saat musim penghujan para petani kesulitan untuk mendapatkan air untuk pertaniannya” imbuhnya.

Sebagai informasi pengerjaan saluran irigasi untuk pertanian di sekitaran Ngampru ini sudah hampir 70 persen pengerjaannya.

Pewarta : Gun

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here