Tak Kunjung Direlokasi, SDN 1 Sukarelang 1 Ambruk

0
5

Sumedang, SMInews.com SDN Sukalerang 1 di Desa Cikole Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang yang terkena dampak pembangunan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) mengalami kerusakan yang parah. Jarak sekolah dengan pembangunan jalan tol hanya sekitar 40 meter, jadi getaran akibat alat berat sangat terasa, dan menyebabkan kerusakan pada bangunan sekolah.

Akibat rusaknya bangunan sekolah, Ruang guru yang dipakai para guru untuk bekerja pun ambruk,  untungnya 30 menit sebelum ambruk, para guru sudah pindah keruang kelas 6, jadi tidak ada yang terluka.

Menurut salah seorang pengajar, Yeyet, S.Pd pihak sekolah merasa kebingungan harus mengadu kepada siapa. Sebenarnya Sekolah sudah mendapatkan pergantian lahan dari pihak tol, akan tetapi sampai sekarang belum ada kepastian kapan akan dibangun.

“Mau meminta rehab ga direspon karena menunggu pembangunan di tanah yang sudah ada pergantian dari pihak tol” ucapnya.

Yeyet menjelaskan bahwa Dinas Pendidikan akan membantu sarana prasarana sekolah, tapi harus ada respon dari pihak desa yaitu kepala Desa Cikole.

“Dua tahun yang lalu sudah di sampaikan ke kepala UPT Pendidikan Drs. H. Yati, dan langsung disikapi oleh pihak kecamatan cimalaka  Asep Aan Dahlan, S.Sos., M,Si dan Langsung diadakan pertemuan dengan memanggil kades Cikole Suherman. Tapi berjalan dua tahun lebih, hasilnya tidak ada kepastian, apalagi UPT Pendidikan di Sumedang  banyak PNS  berikut Kepala UPT dan para staf nya di mutasi ke intansi lain” paparnya.

Pihak sekolah berharap kepada semua pihak yang peduli dengan pendidikan khususnya pemerintah agar secepatnya membangun SDN Sukarelang 1. Apalagi kalau sudah belajar tatap muka, akan membahayakan peserta didik.

Pewarta : Y. Rusmana

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here