Tahun 2018 Bantuan Rutilahu Reguler Rp. 15 Juta/Unit

3
294

SOREANG, (SMI).-

Sebagai upaya untuk membantu warga dalam mendapatkan rumah murah atau kenyaman tinggal di rumah, pemerintah Kabupaten Bandung meluncurkan progran bantuan sejuta rumah.

Ada dua aspek dalam bantuan sejuta rumah tersebut, yaitu bantuan subsidi dan hibah. Bantuan subsidi merupakan bantuan untuk mendapatkan perumahan yang mudah dan murah, sedangkan dalam bentuk hibah salah satunya program bantuan rumah tak layak huni menjadi layak huni atau rutilahu.

Bantuan rutilahu bagi warga Kabupaten Bandung menurut H. Ben Agusta, Kabid Pengembangan Perumahan Dinas Pemukiman dan Tata Ruang juga ada beberapa jenis bantuan. Di tahun 2017 saja ada 2.600 rutilahu yang mencakup seluruh Kecamatan di Kabupaten Bandung.

Di tahun 2018, H. Ben menyebut ada 720 rutilahu reguler yang pihaknya tangani. Ada keuntungan bagi warga penerima bantuan rutilahu tahun sekarang, karena nilai bantuan material  meningkat menjadi Rp 15 juta yang asalnya hanya Rp 7,5 juta.

“Nilai Rp 15 juta tersebut merupakan hasil evaluasi dari tahun sebelumnya, karena Rp 7,5 terlalu kecil termasuk pajak lagi, cukup untuk apa. Kalo sekarang Rp 15 juta tanpa pajak lagi karena pajak oleh pemerintah. Jadi bisa rumah tembok lah,” ungkap H. Ben saat dihubungi di kantornya.

Ben berharap meski bantuan tahun ini cukup besar, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, namun tetap harus ada swadaya dari masyarakat agar hasilnya maksimal. ***(Aa/di)

3 KOMENTAR

  1. Di tempat saya bantuan rutilahu hanya 12 jt per yunit dan itu juga di belanjakan oleh pihak desa dan tidak transparan dengan harga bangunan nyata

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here