Suwondo : Anggota Sekber IPJT dan SPRI Jateng Dihimbau Independen

0
16
Suwondo (baju putih ) bersama anggota Sekber IPJT dan SPRI Jateng .Foto: M. Taufik

Semarang, SMI.-

Rakyat Indonesia baru saja selesai melaksanakan pesta demokrasi 5 tahunan, yaitu pemilu 2019 dengan memberikan hak suaranya untuk memilih calon Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legeslatif yang baru pertama kalinya dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi se Indonesia pada  hari rabu 17 april 2019.

Tahapan demokrasi berjalan dengan aman dan kondusif, walaupun disana sini masih terjadi permasalahan khususnya hasil sementara raihan suara antar pasangan Capres Cawapres, antara Jakowi – Maruf Amin dengan Prabowo – Sandi yang saling meng klaim kemenangan, meskipun perjalanan masih panjang dalam menentukan pemenangnya. Hasil quick count pasangan 01 dibeberapa stasiun televisi swasta sementara unggul, serta versi kubu pasangan 02 juga mengklaim kemenangan sementara.

Pemilu serentak yang sudah terlaksana khsususnya di Jawa Tengah relatif aman dan kondusif, hal ini dilontarkan Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono saat menggelar jumpa pers bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo serta Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Muhammad Effendi, di rumah dinas Gubernur jateng Puri Gedeh, jalan Gubernur Budiono No. 8 Gajah Mungkur Semarang, kamis (18/4/2019).

Suwondo Ketua Sekber IPJT sekaligus Ketua SPRI Jawa Tengah, Foto : M. Taufik.

Suwondo selaku Ketua Sekber Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) sekaligus Ketua Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Jateng, berharap serta menghimbau kepada semua anggotanya yang terdiri para jurnalis dari berbagai media, baik cetak maupun online se Jateng, untuk mensikapi hasil sementara khususnya raihan suara baik pasangan 01 maupun 02 hendaknya semua anggotanya independen, dalam memberitakan berita di masing – masing medianya.

“Jangan sampai menyampaikan berita hoax kepada masyarakat, sehingga masyarakat menjadi bingung, “ucapnya  ketika dikonfirmasi di kantornya jalan kelud raya Semarang, Jumat (19/4/2019).

Suwondo menghimbau kepada seluruh anggota IPJT maupun SPRI Jateng yang berada di berbagai daerah agar berhati – hati dalam  mensikapi Pemilu 2019, khususnya Pilpres atas perolehan suara sementara ini. Menurutnya siapapun nanti yang terpilih RI 1 ditunggu berdasarkan penetapan secara resmi dari KPU Pusat .

“Kami berharap kepada semua anggota IPJT serta SPRI khususnya Jateng untuk berpartisipasi dalam menjaga keamanan, kenyamanan serta kondusifitas pacsa pemilu yang baru saja usai terlaksana  ini. Semua pihak memuji wilayah Jawa Tengah situasinya relative kondusif dan tenang yang sudah terbangun lama di Jateng mulai dari pemilu sebelumnya, untuk itu marilah untuk semua anggota jurnalis yang tergabung  di IPJT serta SPRI  Jateng mensyukurinya bahwa di lingkup wilayah Jateng tahapan pencoblosan telah selesai dengan aman, nyaman dan kondusif”  Ujarnya.

Suwondo menambahkan , kepada seluruh anggotanya bisa kembali menjalankan tugasnya dalam menggali serta menyampaikan informasi kepada masyarakat, selain terkait informasi pemilu 2019 juga berita berita yang sifatnya benar tidak hoax. ** M. Taufik

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here