Sumedang Akan Terapkan Parkir Berlangganan

0
29
Kabid Wasdal Lalin/ Parkir Dishub Sumedang Herman Suwandi, S.I.P., M.Si.

Sumedang, SMInews.com Pemerintah Kabupaten Sumedang akan menerapkan Parkir Berlangganan diawal tahun 2021, sebagaimana amanat dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor. 1 tahun 2017.

“Untuk eksekusinya direncanakan tahun ini, dan mudah – mudahan tahun berlangganan bisa terlaksana”Kata Kabid Wasdal Lalin/ Parkir Dishub Sumedang Herman Suwandi, S.I.P., M.Si.

Menurut keterangan Herman Suwandi, S.I.P., M.Si., Parkir berlangganan itu adalah parkir yang pembayaranya satu tahun. Pembayaranya disatukan dengan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Tarifnya sesuai perda nomor 1 tahun 2017 untuk motor 50 ribu pertahun dan mobil 100 ribu pertahun.

“Parkir Berlangganan ini diberlakukan karena pemerintah ingin meningkatkan pelayanan dibidang perparkiran yang lebih baik karena kondisi saat ini kurang memadai. Dengan parkir berlangganan ini mulai ditata dari juru parkirnya dari markanya/rambunya” tambahnya.

Selain itu, pendapatan dari retribusi parkir saat ini masih relatif kecil, dengan parkir berlangganan ini dapat mengoptimalkan potensi yang ada, untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Kalau sudah masuk kependapatan asli daerah, jadi sumber untuk melaksanakan kegiatan pembangunan di Kabupaten Sumedang.

“Untuk pelaksanaannya, karena pembayaranya disatukan dengan pajak kendaraan bermotor otomatis bekerja sama dengan Samsat Sumedang, ada Bapenda, Kepolisian dan Jasaraharja. Khusus Dengan kepolisian juga bekerjasama untuk memfasilitasi pengawasan, pengendalian, monitoring pelaksanaan parkir berlangganan secara teknis dilapanan untuk meminimalisir adanya ancaman ketertiban umum”jelasnya.

Untuk mekanisme parkir berlangganan, Herman Suwandi, S.I.P., M.Si. menjelaskan bahwa setiap kendaraan di Sumedang mengikuti parkir berlangganan, membayar parkir berlangganan di Samsat, kemudian nanti akan diberikan bukti pembayaran berupa stiker dan kwitansi. Stiker tersebut bisa ditempel dikendaraan yang dipakai sebagai bukti sudah membayar parkir berlangganan.

“Nanti ketika si Pemilik kendaraan yang sudah membayar parkir berlangganan, parkir diseluruh tepi jalan umum dikabupaten sumedang itu gratis. Jadi juru parkir itu tidak akan lagi memungut retribusi karena sudah membayar parkir berlangganan. Jadi juru parkir hanya bertugas untuk mengatur perparkiran supaya lalulintas menjadi lancar”ucapnya.

Rencananya parkir berlangganan ini akan mulai diterapkan di tahun 2021. Sebelum mulai diterapkan, akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, yang rencananya akan dilakukan dari bulan November sampai Desember. Baik melalui tatap muka, melalui medsos, baliho, radio maupaun TV.

Pewarta : Y. Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here