Sukses Budidaya Porang, Khoirum bersama IPJT Ajak Warga Kendal untuk Menanam Porang

0
27

Kendal, SMI.- Mungkin bagi sebagian orang tanaman Porang masih terdengar asing. Porang merupakan tanaman penghasil umbi yang dapat dimakan dan memiliki banyak manfaat. Selain itu, Porang ini memiliki nilai export yang tinggi.

Khoirum Munirah warga RT.04 RW. 06 Kelurahan Kertomulya Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal Jawa Tengah meraih kesuksesan setelah menggeluti usaha budidaya Porang.

Khoirum berhasil membudidayakan Tanaman porang diatas lahan seluas 20 ha, tanaman ini bisa dipanen dalam waktu 7 sampai 8 bulan. Budidaya tanaman porang ini tidak terlalu sulit, karena merupakan tanaman asli daerah tropis.

Menurut khoirum, budidaya tanaman Porang sangat menguntungkan, hasil panen tanaman porang bisa tiga kali lipat dari modal yang dikeluarkan untuk menanamnya.

Dengan keberhasilanya ini, Khoirum ingin mengajak para petani dan warga yang ada di Kendal untuk ikut menanam Porang. Agar bisa meningkatkan perekonomian mereka.

Dia juga tidak segan – segan membagikan ilmu dengan siapapun yang ingin membudidayakan tanaman porang ini.

“Jadi bukan saya aja yang berhasil, semua keilmuan saya yang saya dapat akan saya ajarkan, yang juga di beri sahabat saya. Saya akan  tularkan ke semua warga, baik di daerah Kendal mau pun di seluruh NKRI” Ungkapnya.

Untuk pemasaran Porang ini, Khoirum siap membeli berapapun jumlahnya, karena kebutuhan ekspor ke mancanegara masih sangat tinggi. Dia pun akan memberikan modal kepada para petani yang ingin menanam porang.

“Karena Pohon dan buah Porang ini akan di kirim ke mancanegara, berapa jumlah nya akan saya beli, Cash, bahkan ada yang perlu modal pertanian saya bantu dulu nanti nya kita potong saat musim panen” Pungkasnya.

Selain itu, Khoirum juga sering memberikan penyuluhan kepada para petani dirumahnya. Dia juga bekerja sama dengan LSM Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) untuk memberikan penyuluhan dan mensosialisasikan tentang budidaya tanaman porang ini.

Triyono sebagai motivator dan penyuluh dari IPJT mengatakan bahwa budidaya tanaman porang ini tidak terlalu sulit, juga untuk menjualnya sangatlah mudah. Terkait masalah permodalan, dia pun siap membantu.

“Semua mudah, termasuk permodalan awal akan di bantu, dari bibit, pupuk, serta penyuluhan, yang akan saya masukan group WA, jadi walaupun jauh, nanti ada tim reaksi cepat yang akan hadir ke lokasi di mana para petani sedang ada kesulitan apa saja” Paparnya.

Pewarta : Untung Teguh

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here