Stop Buang Air Besar Sembarangan, Sekarang Juga !

0
38

Tasikmalaya, SMI.-

UPT Puskesmas Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya menggelar Sosialisasi Open Defecation Free (ODF) Stop Buang Air Besar Sembarangan, Rabu (30/4/19). Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto menekankan adanya pembentukan tim pembebasan ODF.

Menurut Kepala Puskesmas Kecamatan Kadipaten. H. Aep Saepudin, Kecamatan Kadipaten terbilang aman dan tidak ada keluhan ODF. Bukti keberhasilan ini tentu harus dengan menyerahkan bukti adanya dorongan dan kerjasama dengan masyarakat.

“Kita buktikan dengan adanya bubuhan tanda tangan dari berbagai pihak yang peduli lingkungan. Adapun tim ODF ini sudah di bentuk beberapa waktu yang lalu dan Alhamdulillah berjalan dengan baik sehingga pada hari ini sudah di buktikan hasilnya” katanya.

Selaku pemegang program kesehatan di Puskesmas Kadipaten, dia menjelaskan tentang ODF.  Pentingnya Jamban yang memadai tentu dengan tujuan menjaga kesehatan bagi masyarakat itu sendiri. Di beberapa Desa di Kecamatan Kadipaten memang masih ada kekurangan jamban. Namun ada juga yang sudah memiliki septic tank yang memadai.

“Ini tentunya atas dorongan semua pihak. Karena memang betapa pentingnya kesehatan, terutama masalah buang air besar. Di usahakan jangan buang Air Besar sembarangan sebab jika kita BAB di sembarang tempat, di hawatirkan dampaknya bagi orang lain. Karena bakteri akan nempel di makanan yang bisa saja ada di warung – warung atau goreng – gorengan, di mana lalat akan hinggap di makanan tersebut. Sehingga akan menimbulkan penyakit bagi orang lain’ Ungkapnya.

Dia juga menambahkan, BAB tidak boleh sembarangan karena dari kotoran itu mengandung banyak bakteri, yang akan menimbulkan sakit pada seseorang yang kebetulan nempel di makanan. Jadi kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan masih kurang. Dengan adanya program ODF, masyarakat akan tahu tentang kesehatan soal BAB yang bagus yaitu di tempat yang memadai.

Camat Kadipaten Asep Nurtjahyo berharap seluruh masyarakat harus mempunyai septic tank di rumahnya masing – masing. Karena kesehatan hal yang sangat vital bagi kita semua. Kalau melihat situasi pada saat ini, memang sedikit kurang respon akan pentingnya kesehatan. BAB itu harus di lakukan pada tempatnya, jangan sembarangan di mana saja.

“Kami tekankan kepada para Kepala Desa harus menekan kepada warganya agar mempunyai tempat BAB yang memadai. Agar kesehatan masyarakat bisa terjamin. Maka adanya program ODF ini harus kita jalankan sesuai harapan kita semua. Kesehatan salah satu hal utama yang harus di perhatikan” pungkasnya.

Kapolsek Kadipaten Erustiana, menambahkan tentang pentingnya kesehatan bagi masyarakat, “Yang paling utama dalam hal buang air besar. Pada dasarnya masyarakat tidak tahu dan kurang paham akan efeknya jika buang air besar sembarangan. Padahal jika kita BAB sembarangan, akan menimbulkan penyakit. Karena di kotoran manusia terkandung bakteri yang akan menimbulkan penyakit bagi kita semua. Jadi  kami tekankan agar masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan”.

Pewarta: HS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here