Sosialisasi PMK No.11/PMK.05/2016 dan Payroll BO2 KPPN Sumedang Bersama Bank Syariah Mandiri

0
38

Sumedang, SMI.- Dalam Gathering Satker Instansi Pemerintah Wilayah KPPN Sumedang, Selasa (20/8) Pihak KPPN melakukan sosialisasi PMK No.11/PMK.05/2016 dan Payroll BO2 tentang Penyaluran Gaji Melalui Rekening Pegawai Negeri Sipil/Prajurit Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia pada Bank Umum Secara Terpusat, bersama Bank Syariah Mandiri (BSM).

Kegiatan yang digelar di Lantai dua Dedung KPPN Sumedang, Selasa (20/8) Tersebut, menghadirkan narasumber dari Departement Retail Deposit Kantor Pusat BSM Toni Budikartono, Koorwil Area Bandung Heni dan Branch Manager BSM Sumedang Muhammad Taqiyuddin.

Menurut Toni Budikartono, BSM Cabang Sumedang Sudah bermitra dengan KPPN Sumedang, dan secara nasional Bank Syariah Mandiri sudah bermitra dengan kementerian keuangan pusat. “Jadi kita memang sudah ditunjuk sebagai Bank penyalur gaji bagi ASN di Seluruh Indonesia” katanya.

Mengenai target di Sumedang Toni mengatakan bahwa kalau bisa seluruh satkernya bisa pindah ke BSM, tapi meskipun tidak bisa pindah seluruhnya, tapi bisa bermitra untuk menggunakan BSM sebagai salah satu Bank Penyalur Gajinya. “Tujuan acara ini untuk memperkenalkan supaya semakin banyak satker – satker yang bekerja sama dengan BSM” Ungkapnya.

Toni juga meyebutkan, untuk program BSM sendiri adalah melayani ASN dengan sebaik – baiknya. Baik dari sisi penyaluran gajinya secara syariah, maupun program – program yang dikemas khusus untuk ASN. “Yang special sebetulnya program untuk pembiayaan yang berlaku untuk seluruh ASN di Indonesia. Pembaiayaanya bisa pembiayaan mitra guna jaminan SK, Rumah, Mobil, Cicilan Emas, Pra Pensiun, Sampai Pensiun kita sediakan fasilitas tersebut” Paparnya.

Ditempat yang sama Kepala KPPN Sumedagn Lili Khamiliyah, S.E., M.Si mengatakan bahwa Pihak KPPN hanya sebagai fasilitator saja. Siapapun perbankan yang ingin mensosialisasikan kepada satker mitra kerja KPPN Sumedang, pihaknya siap untuk menjadi fasilitator. Untuk pilihan tetap ada di satuan kerja, untuk memilih mana yang menurut mereka baik untuk menyalurkan gaji.

Lili Khamiliyah, S.E., M.Si  juga menjelaskan, aturanya satker boleh lebih dari satu bank umum untuk menyalurkan gaji, satu Bank Konvensional dan Dua Bank Syariah. BSM juga sudah banyak kerjasama, termasuk KPPN Seumedang. Jadi, KPPN sendiri sebagian pegawainya sudah pindah ke BSM.

“Kami dengan senang hati bisa memberikan suatu sinergi yang berkualitas, yang semata – mata memang semuanya adalah memberikan pelayanan yang terbaik buat mitra kerja, dan juga akhirnya bermanfaat khususnya bagi pegawai, termasuk juga nantinya bagi pemerintah secara umum” Ungkapnya.

Dalam sosialisasi ini, Pihak KPPN Sumedang tidak memaksakan kepada pegawai untuk hijrah ke BSM dan mempersilahkan kepada mereka untuk memilih mana yang mereka anggap baik utnuk penyaluran gajinya.

“Kita tidak bisa memaksakan, itu kan pilihan kepada pegawainya. Mana yang menurut mereka itu baik untuk penggajian mereka, ya kita persilahkan. Kita sebagai pimpinan di satuan kerja tentunya memfasilitasi kemamuan dari pegawainya untuk penggajiannya dari bank mana, asalkan maksimal 3 tadi 1 konvensional dan 2 syariah” Paparnya.

Lili Khamiliyah, S.E., M.Si juga mengucapkan terima kasih kepada BSM Cabang Sumedang, karena degnan semangat yang luar biasa membangun seinergi bukan dengan KPPN saja, tetapi dengan seluruh instansi – instansi yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Justru hubungan yang sinergi ini, silaturohmi yang dibangun ini, sebenarnya itu dapat menjadikan bahwa kedekatan kita. Sepertinya temen – temen hijrah juga bukan karena suatu paksaan itulah yang artinya menjadi suatu hal yang bagus, dari sisi pelayanan BSM” Pungkasnya.

 

Pewarta : Y Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here