Sosialisasi Pelaksanaan Konfirmasi Capaian Ouput Satker Tahun 2020

0
13

Sumedang, SMInews.com Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sumedang melaksanakan sosialisasi pelaksanaan konfirmasi capaian output satker tahun 2020 di ruang rapat KPPN Sumedang melalui Aplikasi Zoom Meeting, Kamis, (18/6/20). Sosialilasi tersebut, diikuti Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Operator SAS dan Operator SAIBA Satuan Kerja Lingkup Pembayaran KPPN Sumedang.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Deddy Hendardy selaku pembawa acara yang juga merangkap pemateri acara Sosialisasi ini. Kemudian dilanjutkan Peresmian  acara sosialisasi ini oleh Kepala KPPN Sumedang Lili Khamiliyah, S.E., M.Si.

Dalam sambutannya, Lili Khamiliyah mengatakan bahwa pelaksanaan sosialisasi ini sangat penting dikarenakan  Konfirmasi Capaian Output Kegiatan pada tahun 2020 akan masuk kedalam poin Penilaian IKPA.

Pembahasan dan Pemaparan Materi disampaikan oleh Deddy Hendardy dengan tujuan untuk Memberikan pemahaman dan petunjuk teknis pengawalan data capaian ouput 2020 di tingkat satker, dalam rangka persiapan pengisian data Capaian Ouput 2020 melalui mekanisme rekonsiliasi Laporan Keuangan. Hal ini termasuk untuk pengawalan Nilai IKPA ketigabelas ( Konfirmasi Capaian Output)    Serta monev / analisis pelaksanaan anggaran terkait, khususnya Output Strategis.

Pada tahun 2020 seluruh output yang terdapat pada DIPA baik itu Satker K/L maupun BUN. Karena pada tahun 2019 Capaian Output yang wajib diisi hanya untuk Ouput Strategis dan Prioritas Nasional.

Pengawalan dilakukan untuk Output 2021 akan disesuaikan dengan adanya Redesain Sistem Penganggaran yang saat ini sedang diproses.

Pengawalan Konfirmasi Capaian Output ini tidak lepas dari Visi Indonesia Maju yang disampaikan dalam Pidato Presiden tanggal 14 Juli 2019 yaitu :

  • Mempercepat dan melanjutkan pembangunan Infrastruktur
  • Penguatan Pembangunan SDM
  • Investasi untuk penciptaan Lapangan kerja
  • Deregulasi dan Debirokrasi
  • APBN Fokus dan tepat sasaran yang artinya “ Setiap rupiah yang keluar dari APBN semuanya harus kita pastikan memiliki manfaat ekonomi, memberikan manfaat untuk rakyat, meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat.

Panduan Teknis cara pengisian Capaian Output dalam Aplikasi SAS juga Tanya Jawab dan Diskusi yang dipandu oleh Cucu Maemunah dari Seksi PDMS.

Pada penutupan acara Deddy Hendardy selaku Pembawa Acara mengucapkan banyak terima kasih semua peserta yang telah hadir, diharapkan seluruh materi yang telah disampaikan dapat diimplementasikan dengan baik.

Pewarta : Y. Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here