SMK Korporasi Berinovasi Kembangkan Edukasi Pertanian

0
34

Garut, SMInews.com Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Korporasi  Kabupaten Garut melakukan inovasi dalam pembelajaran dengan membuka keahlian teknik pertanian. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan potensi daerah dan menunjukkan bukti kalau pertanian itu menguntungkan, ungkap Kepala SMK Korporasi Hj. Elis Lisdiana, S.Pd., M.Pd.

Selain teknik pertanian SMK Korporasi juga membuka keahlian pengembangan tehnik  edukasi era digital, dan edufarm multi marketing.

Program keahlian pertanian di SMK Korporasi sudah mendapatkan pengakuan dari dari kementerian pertanian, hal ini dibuktikan dengan diterimanya bibit unggulan dari kementerian pertanian berupa bibit kelapa, dan Ubi Jalar sejenis Talas.

Menurut Hj. Elis Lisdiana, pengembangan bibit unggul Pohon Kelapa bisa berbuah dalam kisaran waktu 2 tahun, Bibit unggul Talas bisa menghasilkan di kisaran 40 kg per dapurannya.

Hj. Elis Lisdiana juga mengatakan marketing daun talas tersebut sebanyak empat negara siap untuk didistribusikan. Begitupun juga bibit alpukat unggulan disini perbijinya akan menghasilkan antara 3 – 4 kg serta banyak juga jenis lainnya.

“Yang telah sukses SMK korporasi dengan pembuatan Abon. Dengan menerapkan pola tanam yang sesuai dengan kondisi alam dan iklim di sana, serta ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian yang sederhana, hasil panen buah-buahan dari sekolah ini melimpah dan digemari masyarakat, serta perusahan indofood bahkan sampai tembus ke mancanegara” Ucap Elis Lisdiana, Kamis(22/10/2020).

Para siswa di SMK Korporasi belajar mulai dari proses memilah jenis bibit unggul, penanaman, pemupukan, sampai pemberantasan serangan penyakit dapat prediksikan pembasmiannya, hingga marketing sudah dapat disiapkan.

“Pendidikan yang seperti ini membuat pandangan siswa SMK Korporasi pertanian berubah. Mereka mengalami sendiri bahwa pertanian juga dapat memberikan hasil yang baik untuk kehidupan” katanya.

Menurut  salah seorang tenaga pendidik di SMK Korporasi, Asep para siswa korporasi dilatih untuk menghasilkan produk pertanian, seperti yang sedang berjalan diantaranya produk abon, dan kentang berkualitas tinggi yang diminati dan sudah bekerja sama dengan perusahaan indofood.


“SMK Korporasi ini dilirik PT. Indofood untuk menjalin kerja sama, dalam penanaman Tumbuhan Kentang. Sekolah Korporasi pertanian mesti memperkuat penerapan pertanian yang didukung ilmu pengetahuan dan tekhnologi hingga pengolahan dan pemasarannya” paparnya.

Hal senada dikatakan Dadan tenaga Peduli Pendidikan Pelatihan Menengah Kejuruan, SMK Korporasi mesti mencitrakan pertanian modern era 4.0 yang menjanjikan untuk kehidupan dan kesejahteraan, dimana akan pengembangan sekolah Central edukasi di tahun 2021.

Pewarta : Ayi Ahmad

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here