SMA Negeri 4 Semarang Raih Juara Umum GAP V 2019 Universitas Semarang

0
160
Pelatih terbaik GAP V 2019 UKM USM Semarang,Antonius Kukuh Prasetya Aji saat menyerahkan Piala juara kepada Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd. usai upacara bendera senin 22 Juli 21019 . Foto : M. Taufik

Semarang, SMI.- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Semarang bekerja sama dengan Disdikbud Prov Jateng menggelar lomba Gerakan Aksi Paskibra (GAP) V 2019 tingkat SMA/SMK/MA se Pulau Jawa dengan tagline “Gerak Langkah Pembaris Muda Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Untuk Indonesia Jaya “  di Halaman Kampus Universitas Semarang (USM) Jalan Arteri Soekarno Hatta, Tlogosari Kota Semarang, Minggu (21/7/2019).

Tujuan diadakan kegiatan GAP V 2019 oleh UKM Universitas Semarang untuk menjalin keakraban antar pelajar SMA/SMK/MA se Pulau Jawa, serta menumbuhkan semangat kedisiplinan, soldaritas dan sportivitas serta menambah wawasan rasa cinta tanah air.

Kegiatan GAP V 2019 merupakan event tahunan yang diadakan sejak tahun 2014, dan ini merupakan pelaksanaan Gerakan Aksi Paskibra V yang melombakan 9 cabang diantaranya: PBB, Variasi formasi, Yel yel, Kostum, kebersihan, komandan pasukan, pelatih dan team favorit. yang di ikuti oleh lima belas peserta Sekolah tingkat SMA/SMK/MA se Jawa Tengah.

Regu Paskibra SMA Negeri 4 Semarang dengan dream teamnya yang terdiri atas enam belas siswa terbaiknya, berhasil meraih juara umum dalam lomba GAP V 2019 yang diselenggarakan UKM Universitas Semarang, dengan merebut juara 3 PBB, juara 1 variasi formasi, juara 2 best costum, juara 1 yel yel, juara favorit dan juara 1 Komandan Pasukan, maka oleh juri ditetapkan sebagai Juara Umum.

Antonius Kukuh Prasetya Aji siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 4 Semarang meraih Best Coach ( Pelatih Terbaik ) dalam kegiatan GAP V 2019. Persembahan Piala dan Trophy sebagai Juara Umum kepada sekolah SMA Negeri 4 Semarang saat upacara bendera hari Senin 22 juli 2019.

Pembina Paskibra SMA Negeri 4, Drs. Setyo Basuki,M.Pd dan Kepala SMA Negeri 4 Semarang Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd foto bersama Regu Paskibra SMA Negeri 4 Semarang dengan Trophy dan Piala Juara Umum GAP V 2019 Universitas Semarang. Foto: M. Taufik

Kepala SMA Negeri 4 Semarang Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu, M.Pd saat menjadi Pembina Upacara dalam amanatnya menuturkan bahwa Kelas X sudah selesai melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tentunya sudah memahami betul lingkungan SMA Negeri 4 Semarang.

“Marilah kita memulai pembelajaran dengan sebaik baiknya, kita ikuti dengan semangat untuk meraih prestasi ,demikian juga kelas XI dan XII untuk bisa menyesuaikan diri,” tuturnya,
Dia juga mengingatkan bahwa upacara setiap hari senin janganlah hanya sebagai seremoni, rutinitas yang barangkali tidak bermakna “Saya tekankan kepada kalian semua untuk menjadikan hari senin upacaa itu sebagai ajang pengendalian diri. Sehingga kalau mampu, upacara akan berjalan dengan baik dan sempurna. Tetapi sebaliknya kalau kalian tidak bisa mengendalikan diri, maka upacara tidak akan pernah baik, ini semua tergantung dari diri kalian semua” ucapnya.

Menurut Eny, selagi memiliki komitmen bahwa upacara adalah bagian dari pengendalian diri, maka upacara akan berjalan dengan baik, termasuk mengelola diri sendiri. Begitu masuk ke gerbang SMA Negeri 4 Semarang, kondisi harus sudah rapi, sudah baik, tertib, disiplin yang nantinya harus berjumpa dengan bapak ibu guru untuk menghormatinya. sehingga tidak perlu lagi untuk selalu diingatkan tentang kondisi diri.

Usai upacara, dilanjutkan dengan persembahan dari regu Paskibra SMA Negeri 4 Semarang berupa Piala dan Trophy Juara Umum Lomba GAP V 2019 Universitas Semarang yang di wakili Antonius Kukuh Prasetyaaji kepada pihak sekolah yang diterima oleh Kepala SMA Negeri Semarang,Dra. Wiji Eny Ngudi rahayu,M.Pd.

Paskibra SMAN 4 Semarang Juara Umum GAP V 2019 Universitas Semarang.Foto: M.Taufik

Hasil juara Kegiatan Gerakan Aksi Paskibra ( GAP ) V 2019 untuk PBB Juara I SMKN 3 Salatiga, juara II: SMKN 1 Semarang Juara III: SMAN 4 Semarang, Kostum terbaik Juara I : SMK Muhammadiyah Andong, Boyolali Juara II : SMA Negeri 4 Semarang, juara III : SMK N 3 Salatiga. Kebersihan juaranya SMK Muhammadiyah Andong, Boyolali, Yel yel terbaik : SMA Negeri 4 Semarang, Supporter terbaik : SMA Negeri 4 Semarang, Variasi formasi terbaik : SMA Negeri 4 Semarang, Komandan Pasukan terbaik : SMA Negeri 4 Semarang. Pelatih terbaik : SMA Negeri 4 Semarang. Team Favorit SMA Negeri 4 Semarang.

Pewarta : M. Taufik

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here