SMA Negeri 4 Semarang Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-91

0
28
Siswa Siswi menerima medali dan piala kejuaraan Tae Kwon Do usai upacara HSP, M. Taufik

Semarang,SMI.- Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 91, SMA Negeri 4 Semarang menggelar Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019 yang bertempat di lapangan sepak bola sekolah jalan karangrejo raya 12 A Srondol Wetan Kec. Banyumanik kota Semarang, Senin (28/10/2019). Upacara yang diikuti sejumlah 1.182 peserta didik, serta 85 Guru dan karyawan SMA Negeri 4 Semarang berlangsung khidmat dan sederhana.

Kepala SMA Negeri 4 Semarang dalam pembacaaan sambutan di wakili oleh Ainnu Rofiq,S.Ag mengatakan, hari Sumpah Pemuda ke-91, kali ini mengambil tema “ Bersatu Kita Maju “ tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah di bangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita cita bangsa.

Rofiq menuturkan, Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau, satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkin para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang  lain, perkembangan ini mempumyai dampak negative, informasi informasi yang bersifat destruktif mulai dari  pornografi, narkoba, pergaulan bebas, hingga radikalisme dan terorisme  juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positip dalam berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

“Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memilikim inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” Ujarnya.

Ainnur Rofiq,S.Ag saat emenyerahkan piagam penghargaan Kejuaraan Taekwondo. M. Taufik

Rofiq menegaskan, Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena ditangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan, inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

“Pada saat ini dibelahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung in dividualistik dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak anak muda lintas Negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi merekadi sosial media berjalan real time 24 jam,” papar Rofiq.

Menurutnya, disinilah diaharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan Negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh tokoh muda mendunia.

“Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya, dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda didunia, kita tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negative dari modernisasi dan globalisasi , tapi kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekat dan semangat dan tentunya didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujarnya.

Rofiq berharap, Kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya. Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan kenyataan masa kini sehingga membuatmereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan dunia yang lebih baik.

Menurutnya, kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap sikap primordial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah sanggup membuka pandangan keluar batas batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia, akhirnya  Saya ucapkan Hari Sumpah Pemuda ke-91, semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati  jasa para pemuda , jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan rodhoNya kepada kita semua,” pungkasnya.

Guru SMA Negeri 4 Semangat saat mengikuti Upacara HSP ke 91 ,Foto : M. Taufik

Usai upacara dilanjutkan dengan pengumuman untuk para siswa siswi yang menjadi juara dalam lomba yang diikutinya selama bulan oktober 2019, diantaranya :

Juara  1  International Taekwondo Championship Paku Alam X Cup II atas nama :   Afita Ardian Kusnanda  Kelas :  X  IPA 9

Juara  2  International Taekwondo Championship Paku Alam X Cup II atas nama : Belinda Ayu Widiaputri  Kelas XI  IPA 9.

Juara 3 International Taekwondo Championships Paku Alam Cup II  atas nama  : Sevendylon Borna Immanuel  Klas  :  X  IPA 2

Juara  2  Lomba Cerdas Cermat  Koperasi Tingkat Prov.jateng, UPGRIS atas nama : Maritza Lasya Darmawan  kelas X IPS 1,  Auralia Zahra Ohia  Kelas  XI  IPS1

Juara Harapan Lomba Cerdas Cermat Hari Oeang  ke-73 Tingkat Prov. Jateng. Atas nama : Hannani Trishima Anjani   kelas  XI IPS1,  Cynda Aurelia Putri   Kelas  XI  IPS1 dan Hening Cahyaningrum   Kelas  XI  IPS2.

Juara 2 Solo Vokal Tingkat SMA/SMK/ MA sederajat  Bulan Bahasa UPGRIS Tingkat Prov. Jateng    Atas nama  :  Fransisca D’ Rayi Resashandria  Kelas  X IPA1.

Juara 3 Singing CompetitionTingkat SMA/ SMK/MA Sederajat  UPGRIS, Tingkat Prov. Jateng Atas nama  :  Fransisca D’ Rayi Resashandria   Kelas  X  IPA1.

Ratoeh Jaroe SMA N 4 juara Favorit Final atoeh Jaroe di Gedung Sapta Pesona Kementrian Pariwisata RI

Pewarta : M. Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here