SMA Negeri 4 Semarang Gelar Telaah Soal US, Jelang Ujian Sekolah 5 – 13 Maret 2020

0
49
Wakasek Kurikulum, Sri Wahyuni,M.Pd dan Ketua panitia Ujian Sekolah 2020, Dra.Hj. Rony Anggraningsih.M.Pd Foto : M. Taufik

Semarang, SMInews.com Tujuan guru membuat analisis dari setiap butir soal yang telah di ujiakanpat kualitas, agar mendapat kualitas soal yang baik. Di samping itu diharapkan di setiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Seperti pusat penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) system pengujian atau lembaga pengujian soal soal buatan guru, juga ikut mengoreksi soal soal buatan guru agar nantinya di peroleh kualitas soal yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Hal ini dilakukan untuk menepis sebagian yang selama ini di lontarkan bahwa: soal ujian akhir sekolah yang di pakai oleh guru Selama ini tidak pernah di analisis dan belum diuji cobakan terlebih dahulu pada kelompok siswa sehingga pada umumnya taraf reabilitas, taraf validitas, taraf kesukaran dan taraf pembeda item itemnya belum meyakinkan.

Dalam kurun tidak lama lagi semua SMA baik negeri maupu Swasta bakal menggelar Ujian Sekolah yang merupakan siklus tahunan bagi dunia pendidikan. Menurut Kalender akademik Ujian Sekolah  bakal di gelar 5 – 13 maret 2020 yang mana sekarang pelaksanaannya di serahkan pada sekolah masing masing tanpa mengurangi kualitas soal.

SMA Negeri 4 salah satunya sekolah yang menggelar kegiatan tersebut, sebelumnya seluruh guru pengampu pelajaran kelas XII semua mata pelajaran Ujian Sekolah dituntut untuk membuat serta menyiapkan perangkat  ujian sekolah sesuai petunjuk teknis penulisan butir soal, analisis butir soal yang merupakan suatu kegiatan yang seharusnya dilakukan guru untuk meningkatkan mutu soal yang telah di buat. Soal yang bermutu itu adalah soal yang dapat memberikan informasi setepat tepatnya sesuai dengan tujuannya.

Dalam penyusunan soal Ujian Sekolah mata pelajaran yang masuk dalam kategori ujian sekolah oleh guru disusunlah perangkat ujian sekolah berupa Kisi kisi soal ujian sekolah, kartu soal ujian sekolah serta soal ujian sekolah, setelah selesai semua instrument tersebut baru di lakukan telaah soal sebelum nantinya akan menjadi soal baku sebagai soal pada ujian sekolah mendatang. Dalam telaah soal SMA Negeri 4 Semarang guru yang ditunjuk berdasarkan surat tugas dari  Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Semarang . semua guru yang di tunjuk kecuali yang membuat soal ujian sekoalh ,melaksanakan telaah soal  di ruang computer sekolah di jalan karang rejo raya No 12A, Kel. Srondol Wtan Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Senin ( 17/2/2020)

Guru SMAN 4 Semarang sedang menelaah soal di ruang Komputer. M. Taufik

Dengan harapan nantinya ada masukan dan revisi kesalahan yang normative bisa di sempurnakan dan nantinya menjadi perangkat ujian sekolah yang sudah baku untuk di patenkan menjadi soal ujian sekolah setelah selesai di telaah oleg bapak ibu guru yang mengkoreksinya.

Dalam hal telaah soal ada beberapa format sebagai pedoman untuk menelaah soal , diantaranya : Kartu Telaah Soal Ujian Sekolah bentuk Pilihan Ganda, Kartu Telaah Soal Ujian Sekolah bentuk Uraian serta Lembar catatan telaah soal pilihan ganda/ uraian Ujian Sekolah SMA Negeri 4 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Pada Kartu Telaah soal pilihan ganda pada kolom Kriteria Penalaran berisi tentang Materi yang mana di dalam materi berisi criteria terkait dalam penulisan soal pilihan ganda yaitu : Soal sesuai dengan indicator, Pengecoh sudah berfungsi, hanya ada satu kunci yang benar. Lalu pada criteria Kontruksi harus sesuai dengan: pokok  soal tidak memberi petunjuk ke kunci jawaban, pokok soal bebas dari pernyataan yang bersifat negative ganda, gambar/ grafik/diagram/tabel dan sejenisnya pada soal jelas dan berfungsi , lalu pilihan jawaban homogen dan jelas, panjang pilihan jawaban relative sama, pilihan jawaban yang berbentuk angka disusun urut berdasarkan urutan besar kecilnya angka.

Lalu pada criteria Bahasa : Soal menggunakan bahasa dengan kaidah yang benar, soal menggunakab bahasa yang komunikatif, soal tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat,lalu pilhan jawababn tidak mengulang kata yang sama.

Untuk Kartu Telaah soal uraian pada kolom criteria penalaran berisi tentang Materi yang mana di dalam materi berisi criteria terkait dalam penulisan soal uraian  yaitu : soal sesuai dengan indicator, batasan pertanyaan/ jawaban diharapkan jelas. LAlu pada criteria Konstruksi tidak memberikan  kesempatan untuk memilih soal dari beberapa soal tertentu, ada bobot soal, tabel/gambar/diagram/grafik sejenisnya di sajikan dengan jelas, ada ketentuan waktu untuk mengerjakan, serta ada petunjuk tentang tata cara mengerjakan.

Lalu pada Kriteria Bahasa : rumusan menggunakan kata Tanya / perintah, soal di rumuskan menggunakan kalimat sederhana sesuai tingkatan kemampuan siswa serta menggunakan kata yang tidak menimbulkan salah tafsir.

Berikutnya adalah lembaran catatan telaah soal pilihan ganda/ uraian ujian sekolah, dalam hal ini guru SMA Negeri 4 Semarang usai melakukan telaah soal baik yang berbetuk pilihan ganda ataupun uraian memberikan catatan yang ada bila dalam menelaah soal ada perbaikan atau sedikit revisi pada soal yang di telaahnya , sehingga catatan telaah nantinya dapat memberikan gambaran pada soal yang perlu di perbaiki atau di sempurnakan sehingga nantinya pada saat di cetak menjadi soal yang sudah baik dan sempurna.

Dalam kegiatan telaah soal di SMA Negeri 4 Semarang semua bidang studi kelas XII baik jurusan IPA maupun IPS seluruhnya di telaah baik itu bidang studi yang nantinya di ujian sekolah ataupun di Ujian Nasionalkan.   **   M. Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here