SMA Negeri 4 Semarang Gelar Rapat Koordinasi Ujian Sekolah

0
9
Dari kiri : Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd di dampingi Wakasek Kurikulum, Sri Wahyuni,M.Pd. Foto : M. Taufik

Semarang, SMI.- SMA Negeri 4 Semarang  menggelar rapat koordinasi terkait agenda persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah  kelas XII. Rapat di pimpin langsung oleh  Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd selaku Kepala SMA Negeri 4 Semarang yang melibatkan seluruh  guru yang bertempat di ruang guru SMA N 4 Semarang, jalan Karangrejo raya No 12A, Kel. Srondol Wetan, Kec. Banyumanik Kota Semarang, Senin (10/2/2020).

Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Wiji Eny Ngudi rahayu,M.Pd menuturkan bahwa yang namanya ujian yaitu untuk mengukur kompetensi siswa di kelas XII di SMA Negeri 4 Semarang, “Kita sudah hafal karena kegiatan ini setiap tahun kita laksanakan tetapi kita tetapi harus berkoordinasi nantinya, sehingga kegiatan kegiatan ujian ada yang ingin tahu dari masyarakat maka kita bisa memberikan informasi,” Ucapnya.

Menurutnya kegiatan ujian ada umumnya ada 2 yaitu ujian sekolah dan ujian nasional. Ujian sekolah sendiri ada 2 yaitu ujian praktik dan ujian tulis, dimana di atur dalam Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019, dan masyarakat tidak semuanya memahami artinya kalau tidak dari bapak ibu guru tentunya informasi – informasi ini tidak begitu tahu persis meskipun mendengarnya dari pihak luar.

“Kita yang hidup di masyarakat bisa menjadi ujung tombak dalam memberikan informasi terkait ujian. Ujian di selenggarakan oleh satuan pendidikan dimana di dalamnya ada ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN). Ujian sekolah yang diatur dalam Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019 adalah semua mata pelajaran yang di ujikan dimana sebelumnya sudah kita  awali dengan ujian praktik. Sedangkan untuk Ujian Nasional itu mata pelajaran tertentu. Info yang kami dapat sementara UN tahun ini adalah ujian terakhir, mudah mudahan siswa tidak terpengaruh karena bagaimanapun penjaminan mutu tidak boleh berhenti oleh karenanya apapun yang menjadimkebijakan pemerintah kita laksanakan tetapi penjaminan mutu tetap berlangsung terus  kita lanjutkan,” ujarnya.

Eny mengabarkan bahwa baru – baru saja SMA Negeri 4 semarang di nilai oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) untuk 8 standar, “Alhamdulillah untuk standar selain standar proses bernilai 100 persen  level nya level 5 yang belum 100 persen adalah standar proses ini yangterkait dengan Bapak Ibu guru SMAN 4 dimana setelah di rata rata SMA Negeri 4 Semarang memperoleh 4 yang nilainya 99, nyaris sempurna. Saya sangat mengapresiasi yang setinggi tingginya kepada BApak Ibu guru semua yang sudah mewujudkan itu semua. Tetapi masih ada yang harus kita tingkatkan yaitu standar proses,” paparnya.

“Dalam melaksanakan ujian jika persipannya bagus, pelaksanaannya bagus hasilnya pasti bagus, demikian sebaliknya. Oleh karenanya kita koordinasikan supaya kita bisa melaksanakan ujian ujian dengan baik dan kita persiapkan dengan maksimal. Ujian yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan ini nanti apakah berupa paperless atau paper test semuanya ada kelebihan dan kekurangannya, tapi nantinya saya minta masukan sebagai pertimbangan karena ini merupakan penentu lulus dan tidaknya seorang siswa dalam ujian,” ujarnya.

Eny menambahkan bahwa ujian sekolah akan dilaksanakan mulai 9 maret – 18 maret 2020 diharapkan ujian selesai sebelum 23 maret 2020 sudah termasuk ujian susulan, namun Eny berharap anak didiknya tidak ada yang ujian susulan, semoga sehat semuanya, mengerjakan dengan mudah semuanya dan dengan hasik yang baik semuanya.

Untuk koreksi 19 maret 2020 diharapkan serentak semua mata pelajaran koreksi bersama. Guru segera menyiapkan soal melalui Musyawarah Guru mata Pelajaran (MGMP) mata pelajaran masing – masing, oleh karena itu kisi – kisi soal, kartu soal, pedoman penskoran, kunci jawaban, sebelumnya penelaahan soal dan pengesahan pada pengawas. Dalam pelaksanaan ujian sekolah selama 8 hari unutk kelas X dan XI tidak boleh libur.

 

Pewarta : M. Taufik

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here